Search for:
Info Terbaru Beasiwa S2 Tahun 2023
Anda masih mencari beasiswa S2 yang tepat untuk pembiayaan studi? Cukup banyak peluang saat ini tersedia. Mulai dari yang memberikan biaya penuh, menanggung dana kuliah saja, atau pun dana parsial untuk kebutuhan studi tertentu. Pemilihan beasiswa tersebut sangat tergantung pada keperluan Anda. Jika menginginkan semua kebutuhan studi ditanggung pihak sponsor atau donatur, pilihan beasiswa penuh jadi prioritas. Sebaliknya, jika memiliki dana cukup/pas-pasan dan ingin mengurangi biaya yang dikeluarkan, beasiswa parsial dapat dipertimbangkan.
Uraian kali ini tidak membahas mana info beasiswa yang paling tepat yang bisa Anda pilih. Sebab, tepat tidaknya tergantung pertimbangan masing-masing. Di bawah ini adalah ulasan peluang-peluang beasiswa yang bisa diikuti serta kelebihan dan kekurangannya, sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum mendaftar.

Khusus beasiswa S2 2023-2024, sebagian telah buka pendaftaran, dan banyak lagi menyusul kemudian. Beasiswa S2 tersebut terdiri dari beasiswa S2 luar negeri yang umumnya disediakan oleh donatur luar, sebagian lagi adalah beasiswa S2 dalam negeri yang diselenggarakan oleh lembaga di tanah air.

Berikut ini adalah 15 beasiswa S2 2023-2024 yang rutin ditawarkan:

Beasiswa Pendidikan Indonesia – LPDP
Skema beasiswa pemerintah ini dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Programnya dinamai Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI). Cukup beragam beasiswa BPI yang ditawarkan oleh LPDP tersebut. Misalnya Reguler LPDP, Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia, Beasiswa Co-Funding, Beasiswa Targeted, dll. Beasiswa LPDP bisa dibilang paling favorit di tanah air saat ini. Itu karena selain menawarkan beasiswa penuh bagi penerimanya, juga luasnya cakupan bidang studi serta universitas yang ditawarkan. Anda dapat melamar beasiswa BPI untuk studi S2 di dalam maupun luar negeri. Pendaftaran biasa dibuka Februari hingga Agustus.

Beasiswa Gates Cambridge

Program beasiswa ini ditawarkan Bill and Melinda Gates Foundation setiap tahun.Jika Anda memiliki prestasi dan berkeinginan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 di University of Cambridge Inggris, Beasiswa Gates Cambridge bisa menjadi salah satu pilihan. Yang menarik, Beasiswa Gates Cambridge dapat dipergunakan untuk studi di berbagai jurusan di Universitas Cambridge. Jadi, bila Anda mengincar beasiswa S2 luar negeri, Beasiswa satu ini patut dipertimbangkan. Khusus beasiswa S2, kandidat terpilih dapat memperoleh manfaat beasiswa hingga 24 bulan. Selain biaya pendidikan, juga tersedia biaya visa, tiket pp, biaya hidup, tunjangan keluarga, dll. Pendaftaran dibuka mulai September hingga Januari.

Beasiswa Dosen Kemendikbudristek

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) juga punya skema beasiswa sendiri yang ditawarkan rutin setiap tahun untuk para dosen. Menyasar dosen dan tenaga kependidikan, beasiswa  ini cukup dikenal kalangan kampus. Apalagi, dosen dan tenaga kependidikan di tanah air jumlahnya tidak sedikit. Bagi Anda yang memiliki profesi di bidang tersebut dan sedang mencari beasiswa S2 2023-2024, beasiswa Kemendikbudristek satu ini patut dipertimbangkan. Beasiswa menyediakan pembiayaan pendidikan penuh dan menawarkan beberapa pilihan bagi pelamarnya. Di antaranya Beasiswa S2 dan S3 dalam negeri dan beasiswa S2 dan S3 luar negeri. Pendaftaran biasanya dibuka April hingga Juni.

Beasiswa Open Doors

Program beasiswa Open Doors ditawarkan Pemerintah Rusia bersama dengan Global Universities Association, wadah universitas di Rusia. Beasiswa Open Doors ditawarkan dalam bentuk kompetisi. Menarik bila Anda mengincar beasiswa S2 luar negeri, terutama di Rusia. Bila pelamar berhasil memenangkan kompetisi tersebut, maka akan dihadiahi beasiswa S2 di Rusia. Selain itu, beasiswa S2 Open Doors ini bisa dimanfaatkan untuk kuliah di puluhan kampus di Rusia termasuk di antaranya universitas-universitas top dunia di negara tersebut. Yang menarik juga, kuota beasiswa yang disediakan cukup banyak, mencapai 300 kursi beasiswa. Peserta yang terpilih akan mendapatkan beasiswa berupa tanggungan 100 persen biaya kuliah (tuition fee). Pendaftaran dibuka September hingga Desember.

Beasiswa Fulbright

Tak disangkal, beasiswa Fulbright banyak menyedot minat bagi pemburu beasiswa ke Amerika Serikat. Beasiswa ini terbilang cukup tua, bahkan ditawarkan di ratusan negara, termasuk Indonesia. Nah, untuk Anda yang berencana melanjutkan S2 di universitas-universitas AS, beasiswa Fulbright layak dipertimbangkan. Fulbright merupakan beasiswa penuh yang menawarkan beberapa jenis dengan sasaran berbeda. Misalkan Fulbright Master’s Degree ScholarshipFulbright Doctoral Degree ScholarshipFulbright DAI, dan banyak lagi. Pendaftaran biasanya dibuka Februari.

Beasiswa SISGP

Program beasiswa S2 satu ini ditawarkan Pemerintah Swedia. Nama programnya Swedish Institute Scholarships for Global Profesionals (SISGP) atau Beasiswa SISGP. Pelamar dari Indonesia salah satu yang diberi kesempatan mendaftar. Beasiswa SISGP ini menawarkan dana biaya kuliah, biaya hidup, biaya perjalanan, serta asuransi.  Bagi Anda yang ingin melanjutkan studi S2 di universitas Swedia, beasiswa SISGP Swedia patut dipertimbangkan. Pendaftaran dibuka Februari.

Beasiswa Monbukagakusho

Beasiswa Pemerintah Jepang ini rutin ditawarkan kepada mahasiswa Indonesia. Beasiswa Monbukagakusho. Anda yang mengincar beasiswa S2 ke Jepang, Monbukagakusho juga menyediakannya.  Program Research Students salah satunya. Beasiswa ini dapat dipergunakan untuk mengambi S2 di universitas-universitas Jepang dan diberikan tanpa ikatan dinas. Selain biaya kuliah juga disediakan biaya hidup. Biasanya beasiswa ditawarkan awal April tiap tahunnya. Namun, untuk jenis yang lain sudah ada yang diumumkan sebelumnya. Pendaftaran dibuka April hingga Mei.

Beasiswa Chevening

Seperti negara lain, Pemerintah Inggris juga memiliki program beasiswa yang ditujukan bagi mahasiswa asing. Sebut saja Beasiswa Chevening yang di Indonesia selalu jadi incaran tiap tahunnya. Beasiswa Chevening merupakan program beasiswa penuh untuk studi S2 di universitas-universitas Inggris. Melalui beasiswa tersebut, kandidat terpilih dapat kuliah di universitas-universitas terbaik UK.

Selain tanggungan biaya kuliah, penerima beasiswa juga memperoleh tiket perjalanan, biaya penyusunan tesis, tunjangan hidup, dan uang saku bulanan. Pendaftaran dibuka Agustus hingga November 2022.

Beasiswa DAAD

Kualitas pendidikan di negara satu ini juga tak perlu diragukan. Jerman. Tiap tahun pelajar Indonesia yang memilih melanjutkan pendidikan di sana cukup signifikan. Meski begitu, ada cara lain bila Anda ingin kuliah tanpa mengeluarkan biaya. Manfaatkan Beasiswa DAAD yang rutin ditawarkan setiap tahun. Bagi yang mengincar Beasiswa S2 2023-2024 di Jerman, Beasiswa DAAD patut jadi pertimbangan. Beasiswa ini juga memiliki beragam jenis yang menyasar para profesional, dosen, peneliti, maupun masyarakat umum. Biasanya kandidat terpilih diberikan biaya kuliah, biaya perjalanan, asuransi, serta tunjangan lain. Pendaftaran dibuka mulai Mei hingga Januari 2023.

Beasiswa Eiffel

Prancis tidak saja tersohor karena Menara Eiffel, tapi menjanjikan kualitas pendidikan yang baik yang dapat diikuti. Jika Anda berminat kuliah S2 di Prancis, Beasiswa Eiffel mungkin bisa menghantarkan impian itu. Setiap tahun Beasiswa Eiffel ditawarkan dan pelamar dari Indonesia salah satu diberi kesempatan mengikutinya. Pelamar yang berminat biasanya diminta untuk mendaftar terlebih dahulu ke universitas yang dituju, kemudian meminta pihak universitas mendaftarkan nama pelamar ke penyelenggara Beasiswa Eiffel. Pelamar yang berhasil biasanya mendapatkan tunjangan hidup bulanan, tiket perjalanan, asuransi kesehatan, serta tunjangan akomodasi. Sementara biaya kuliah dibebaskan bila Anda mendaftar kuliah ke universitas negeri di Prancis. Pendaftaran dibuka Oktober hingga Januari 2023.

Beasiswa Australia Awards

Februari lalu, beasiswa Australia Awards kembali dibuka. Beasiswa ini didanai Pemerintah Australia untuk studi pascasarjana di universitas-universitas Australia. Beasiswa tersebut didanai penuh dan dapat dipergunakan untuk melanjutkan pendidikan S2 di Australia.

Beasiswa yang diberikan di antaranya meliputi biaya pendidikan, biaya hidup, dana penunjang awal di masa perkuliahan, asuransi kesehatan mahasiswa luar negeri di Australia, bantuan tutorial tambahan jika diperlukan, biaya-biaya pemeriksaan medis dan rontgen, biaya tiket perjalanan kelas ekonomi saat keberangkatan ke Australia dan pulang ke tanah air, serta penelitian lapangan di Indonesia atau Australia. Pendaftaran dibuka Februari hingga April.

Bagi calon mahasiswa pasti kudu jeli didalam memilih jurusan kuliah. Namun kecuali tertarik didunia eksplorasi sumber kekuatan alam,
Jurusan Teknik Perminyakan Gaji Besar

Bagi calon mahasiswa pasti kudu jeli didalam memilih jurusan kuliah. Namun kecuali tertarik didunia eksplorasi sumber kekuatan alam, ini daftar kampus Jurusan Teknik Perminyakan di Indonesia. Teknik Perminyakan masuk didalam rumpun Pengetahuan Teknik Pertambangan. Karena, menyangkut pertambangan berasal dari hasil bumi. Apa tersebut Teknik Perminyakan? Jurusan ini berfokus kepada tambang minyak, gas, dan panas bumi, meliputi aktivitas pengeboran, eksplorasi, distribusi dan ekonomi migas. Pasti, hal ini bukan jauh berbeda bersama kajian Jurusan Teknik Pertambangan yaitu seputar pengeboran, eksplorasi, dan distribusi.

Baca Juga : Rekomendasi Jurusan Perikanan dan Kelautan

Kecuali anda punya cita-cita untuk kuliah di rumpun Saintek, tentu terbesit untuk masuk ke jurusan Teknik Perminyakan. Digadang-Gadang, para lulusan jurusan Teknik Perminyakan mampu beroleh gaji yang besar. hmm sahih nggak sih? yuk, simak ulasannya berikut ini.

Dunia Jurusan Teknik Perminyakan

Bagaimana sihKuliah di jurusan Teknik Perminyakan? Susah Ngga Ya? Well, jikalau anda mendambakan masuk ke jurusan ini, sebaiknya anda menyukai dan mengerti pengetahuan dasar di mata pelajaran matematika, fisika, dan kimia, guys. Nantinya, tiga mata pelajaran itu akan menunjang segudang di dalam proses perkuliahan. Meski demikian, anda nggak mesti risi gara-gara telah segudang software spesifik perminyakan plus kalkulatornya.
Terhadap semester pertama, anda akan meraih seluruh pengetahuan dasar. Dapat dibilang, anda akan sedikit mengulang pelajaran di Sma, layaknya Fisika Dasar, Kimia Dasar, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan lain-lain. Apalagi, di lebih dari satu kampus juga menambahkan mata kuliah olahraga di semester pertama. hihi
Maka, mulai di semester tiga, anda telah siap mempelajari mata kuliah yang lebih kompleks, layaknya Pemrograman Komputer, Termodinamika Dasar, Pengantar Elektronika, sampai Petrofisika sejalan praktikumnya.
Terhadap semester 7 dan 8, mahasiswa diharuskan mengikuti kerja lapangan untuk mengasah keterampilan. Hal ini juga disertai bersama dengan tugas akhir yang mesti anda menyelesaikan untuk mendapatkan gelar sarjana Teknik (S.T) Yup, gelar tersebut lah yang akan disematkan di akhir namamu kecuali anda berhasil lulus berasal dari jurusan ini.

Teknik Perminyakan

siapa, sih yang nggak mengetahui kecuali migas alias minyak dan gas menjadi tidak benar satu sumber daya terbesar di global? Konsisten, product hasil olahan minyak bumi tuh nggak main-main dan tersedia di bermacam sektor industri, contohnya bahan bakar gas, Lpg, pupuk, aspal sampai serat sandang!
Konsisten, sumber si minyak &Amp; gas tersebut sendiri berasal dari mana, sih? Ya pasti saja berasal dari di dalam perut bumi! Makanya, di jurusan ini kami bakal mendalami gimana cara “Ngambil” minyak & gas berasal dari di dalam sana, dan gimana pengelolaannya di dalam mencukupi keperluan daya di bumi.
Di jurusan ini, anda bakal segudang banget studi hal-hal yang belum dulu anda temui sebelumnya. Tapiii, yang tentu, bakal tak terhitung juga yang berhubungan bersama mata pelajaran SMA layaknya Fisika, Matematika, Kimia dan Geografi! Menjadi, otomatis anda mesti menguasai setidaknya dasar-dasar materi itu.
Namun jangan takut pernah, soalnya seluruh jurusan tentu miliki mata kuliah pengantar, terhitung Teknik Perminyakan, anda bakal ketemu bersama dengan Pengantar Teknik Perminyakan dan Panas Bumi (Ptpb) yang membahas dasar-dasar pengetahuan perminyakan layaknya proses terbentuknya minyak dan gas bumi, klasifikasinya, cara produksinya, citra situasi penambangan, dan lain-lain.

8 Universitas Jurusan Pariwisata Terbaik di Indonesia
8 Universitas Jurusan Pariwisata Terbaik di Indonesia

8 Universitas Jurusan Pariwisata Terbaik di Indonesia – Bidang pariwisata sebagai salah satunya kontributor penghasilan negara di Indonesia. Tidaklah aneh karena Indonesia memang banyak memiliki kekuatan rekreasi yang menyebar di segala penjuru wilayah, dimulai dari kekayaan alam sampai kanekaragaman budaya.

Supaya bidang ini semakin berkembang, pasti dibutuhkan lembaga pendidikan yang sanggup membuat tenaga professional di bagian pariwisata.

Menjawab keperluan tenaga pengeloaaan pariwisata nasional, sekarang ini telah ada bermacam lembaga pendidikan yang tawarkan bermacam program pariwisata. Dimulai dari sekolah tinggi sampai universitas, berikut 8 universitas yang mempunyai program pariwisata terbaik di Indonesia:

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) sebagai Perguruan Tinggi yang ada dalam lindungan Kementerian Pariwisata.

Perguruan tinggi ini mempunyai dua program studi favorit yang sama dengan status terkareditasi A pada daftar BAN-PT. Program studi kepariwisataan di STPB yakni Manajenem Tujuan Pariwisata dan Manajemen Usaha Pariwisata.

Kedua program studi di STPB sebagai tingkatan D4 hingga gelar yang hendak diterima oleh lulusannya ialah Sarjana Aplikasi Pariwisata (S.Tr.Par.).

Prediksi kurun waktu yang diperlukan untuk berkuliah di kedua program studi pariwisata ialah sepanjang 4-7 tahun dengan beban studi 155 SKS.

BAca Juga : Universitas Tarumanagara (UNTAR) -Informasi Kampus

Universitas Udayana

Pulau Bali dikenali sebagai salah satunya tujuan rekreasi yang bernama telah kedengar sampai ke seluruh dunia.

Karena itu, tidaklah aneh jika di pulau ini mempunyai lembaga pendidikan yang sediakan jurusan pariwisata seperti Universitas Udayana.

Walau sebagai universitas negeri yang sediakan program studi secara beragam sektor ilmu, universitas ini memberikan perhatian khusus pada sektor pariwisata dengan kehadiran Fakultas Pariwisata.

Tidak main-main, Universitas Udayana mempunyai empat jurusan pariwisata secara beragam tingkatan pendidikan. Adapun beberapa program yang ada yakni:

  • Program Studi Pariwisata (D4)
  • Program Studi Destinasi Pariwisata (S1)
  • Program Studi Kajian Pariwisata (S2)
  • Program Studi Pariwisata (S3)

Keempat program studi di atas juga sudah memiliki status legalisasi A dari BAN-PT.

Universitas Indonesia

Jurusan pariwisata di Universitas Indonesia sebagai sisi dari program vokasi UI dan ada pada tingkatan D3. Untuk memberikan dukungan evaluasi mahasiswa, program studi ini ikut bekerja bersama dengan Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) sebagai instansi yang menampung aktor usaha di bagian biro perjalanan rekreasi di Indonesia.

Sebagai program pendidikan vokasi, evaluasi di jurusan Pariwisata UI dikuasai oleh kuliah praktek, persisnya sekitar 70%. Sementara 30% perkuliahan bekasnya berbentuk teori. Lulusan program ini nanti akan bertitel Pakar Madya Pariwisata (Amd.Par.).

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berada di Jakarta. Mempunyai Program Studi Sarjana Hospitaliti dan Pariwisata yang dibangun semenjak tahun 2018, STP Trisakti telah memiliki status legalisasi A dari BAN-PT. Program studi ini baiknya bisa dituntaskan dalam kurun waktu 8 semester.

Lulusan dari Program Studi Sarjana Hospitaliti dan Pariwisata STP Trisakti diharap sanggup mempunyai jiwa kepimpinan dan sanggup pahami ide dan analitis berkaitan hospitaliti dan pariwisata.

Mata kuliah di program studi ini terbagi dalam 103 SKS untuk mata kuliah teori dan 44 SKS untuk mata kuliah praktek. Dengan begitu, keseluruhan beban studi yang perlu dilakukan ialah sekitar 147 SKS.

Univeristas Airlangga

Salah satunya universitas negeri yang berada di kota Surabaya ini mempunyai jurusan yang pelajari kepariwisataan.

Bernaung dalam cakupan Fakultas Vokasi, jurusan pariwisata di Universitas Airlangga selengkapnya disebutkan Program Studi D3 Kepariwisataan. Program studi ini menyelenggaraakan rogram vokasi untuk peningkatan ketrampilan tehnis dan kekuatan wiraswasta mahasiswa di bagian pariwisata.

Universitas Brawijaya

Jurusan pariwisata di Universitas Brawijaya ada dalam lindungan Fakultas Ilmu Administrasi. Berdiri semenjak 2011.

Program Studi S1 Pariwisata ini mempunyai tujuan hasilkan sarjana pariwisata yang sanggup merangkum rencana, koordinasi, pengaturan staff, pembimbingan dan pengaturan, dan penilaian prpgram pada tingkat operasional di bermacam tipe organisasi usaha pariwisata.

Lulusannya juga diharap akan ikut berperan dalam kenaikan kehidupan sosial sekalian berkompetisi di industri pariwisata.

Program Studi Pariwisata di Universitas Brawijaya terima lulusan SMA dan SMK dari beragam jenis pecintaan. Jurusan ini juga siap terima lulusan Paket C dari jurusan IPA, IPS, atau Bahasa.

Universitas Gadjah Mada

Sama dengan Universitas Udayana, Universitas Gadjah Mada mempunyai program pariwisata dengan tingkatan pendidikan yang bermacam. Berikut panggilan komplet untuk program studi pariwisata di UGM.

  • Pariwisata (D3)
  • Pariwisata (S1)
  • Magister Kajian Pariwisata (S2)
  • Doktor Kajian Pariwisata (S3)

Untuk tingkatan D3 Pariwisata, status legalisasi dari BAN-PT ialah B. Sementara untuk program studi S1, S2, dan S3 telah mempunyai rangking legalisasi A.

Di UGM, program sarjana jurusan pariwisata sebagai sisi dari Fakultas Ilmu Budaya. Pada semester akhir, mahasiswa akan diharuskan untuk ambil mata kuliah pemagangan.

Disamping itu, ada bermacam mata kuliah opsi seperti travel writing , pariwisata bahari, pengkajian pengendalian minuman dan makanan, pengendalian kapal pesiar, dan lain-lain.

Universitas Pancasila

Berdasar website resmi BAN-PT, jurusan pariwisata di Universitas Pancasila tercatat bernama Program Studi Tujuan Pariwisata.

Universitas Pancasila sendiri berada di tempat Jakarta dan termasuk dalam Fakultas Pariwisata. Di website sah Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila, disebut jika program pariwisata universitas ini fokus pada pariwisata yang berbasiskan komune.

Disamping itu, mahasiswa akan berpeluang untuk lakukan studi lapangan sampai ke luar negeri.

uniervasitas-tarumanagara(1)
Universitas Tarumanagara (UNTAR) -Informasi Kampus

Universitas Tarumanagara (Untar) adalah salah satu universitas swasta tertua di Indonesia. Terinspirasi dari Kerajaan Tarumanagara, gagasan pertama untuk membangun sesuatu perguruan tinggi dicetuskan di tahun 1957 oleh sekelompok sosiawan di lingkungan Perhimpunan Sosial Candra Naya yang di saat itu masih tetap namanya Sin Ming Hui. Atas prakarsa Drs. Kwee Hwat Djien, mereka setuju untuk membangun sesuatu yayasan yang dinamakan Yayasan Tarumanagara di tanggal 18 Juni 1959.

Di tahun 1962, Berdirinya Sekolah Kejuruan Teknik Arsitektur pada 1 Oktober 1962. Selanjutnya sekolah ini menjadi Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur. Dan sekarang sebagai salah satunya Jurusan Teknik Arsitektur Swasta tertua di Indonesia. Berdirinya Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik Arsitektur dan Fakultas Bahasa Inggris. Selanjutnya fakultas – fakultas itu membuat Universitas Tarumanagara. Tahun 1965, searah dengan komitmen pendirian Yayasan Tarumanagara yang bergerak pada bidang pendidikan dan kesehatan, dibangunlah Fakultas Kedokteran pada 1 Oktober 1965.

Tahun 1966, pergolakan politik berkaitan G-30-S/PKI membuat perkuliahan tidak berjalan lancar. Fakultas Bahasa Inggris mau tak mau ditutup dan mahasiswanya disalurkan ke Fakultas Sastra, Universitas Indonesia. Di tahun 1967 sebagai awalnya kebangunan kembali UNTAR. Waktu itu diresmikan pemakaian kampus Jalan S. Parman dengan upacara yang cukup semarak di saat tersebut. Peresmian itu dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta Bapak Dr. R. Soewondo, yang selanjutnya di tahun 1974 memegang sebagai Ketua Yayasan Tarumanagara

Di tahun 1992, UNTAR dengan cara resmi buka Program Magister tanggal 1 Oktober. Tahun 1994 sebagai tahun berdirinya dua fakultas baru yaitu Fakultas Psikologi dan Fakultas Seni Rupa dan Design. Di tahun 2002 Fakultas Teknologi Info dibangun di UNTAR. Tahun 2006 Fakultas Ilmu Komunikasi dibangun. Di tahun 2007, Gedung Khusus UNTAR diresmikan. Gedung ini dibangun di atas tanah selebar 31.632-meter pesergi. Tahun 2009 the Executive Lounge Tarumanagara Knowledge Center (TKC) dibuka. Tahun 2013, Program Magister Teknik Arsitektur dibuka.

Visi

Menjadi Universitas Entrepreneurial Unggul yang memiliki Integritas dan Profesionalisme di Asia Tenggara

Baca Juga : 10 Program Beasiswa S2 Dalam Negeri Terbaik 2023

Misi

Menyelenggarakan pendidikan berlandaskan nilai-nilai Integritas, Profesional, dan Entreprenurship (IPE).
Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan tridharma bagi seluruh sivitas akademika yang berlandaskan nilai-nilai integritas, profesional, dan entrepreneurship.
Menyelenggarakan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri dalam rangka memperluas jejaring.

Tujuan

Membentuk dan menghasilkan lulusan yang berwawasan kebangsaan, menghargai pluralitas serta menjunjung tinggi moralitas bangsa dan berbudi luhur.
Membentuk dan menghasilkan lulusan yang berintegritas, profesional, serta memiliki kemampuan entrepreneurship.
Menghasilkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.
Menghasilkan kerjasama dan jejaring di dalam dan luar negeri yang saling menguntungkan dengan berlandaskan nilai-nilai integritas, profesional, dan entreprenurship

Fakultas & Program Studi UNTAR

Sebelum terjun membahas PMB UNTAR biaya, berikut akan dijelaskan terlebih dahulu akan fakultas & prodi yang ada di UNTAR. Sebagai salah satu Universitas swasta terbaik di Ibukota, Universitas Tarumanegara (UNTAR) adalah lembaga pendidikan terakreditasi A dari BAN-PT, yang memiliki 8 Fakultas dengan jenjang pendidikan mulai dari S1 hingga S3. Mayoritas program studi di UNTAR juga sudah memiliki akreditasi A dari BAN-PT. Maka tidak perlu diragukan lagi kualitas pendidikan di Universitas Tarumanegara (UNTAR). Berikut adalah daftar Fakultas serta program studi yang tersedia untuk jenjang pendidikan S1

Fakultas Ekonomi UNTAR

  • Akuntansi, akreditasi A
  • Manajemen, akreditasi A

Fakultas Hukum UNTAR

  • Ilmu Hukum, akreditasi A

Fakultas Teknik UNTAR

  • Arsitektur, akreditasi A
  • Teknik Sipil, akreditasi A
  • Teknik Mesin, akreditasi A
  • Perencanaan Wilayah & Kota, akreditasi B
  • Teknik Elektro, akreditasi B
  • Teknik Industri, akreditasi B

Fakultas Teknologi Informasi UNTAR

  • Teknik Informatika, akreditasi A
  • Sistem Informasi, akreditasi A

Fakultas Kedokteran UNTAR

  • Kedokteran, akreditasi A

Fakultas Psikologi UNTAR

  • Psikologi, akreditasi A

Fakultas Seni Rupa & Desain UNTAR

  • Desain Interior, akreditasi B
  • Desain Komunikasi Visual, akreditasi A

Fakultas Ilmu Komunikasi UNTAR

  • Ilmu Komunikasi, akreditasi A

Dengan program studi yang lengkap, ditambah dengan akreditasi tertinggi dari BAN-PT dan fasilitas-fasilitas yang mendukung kegiatan belajar mengajar, kamu bisa yakin bahwa dengan menjadi mahasiswa di Universitas Tarumanegara (UNTAR) tidak hanya membuat kamu jadi seorang intelektual.

10 Program Beasiswa S2 Dalam Negeri Terbaik 2023

Perdalam sesuatu sektor keilmuan memang baiknya dilaksanakan meneruskan study ke tingkatan pendidikan yang semakin lebih tinggi. Untuk merealisasikannya, beberapa orang termasuk karyawan yang cari informasi beasiswa S2 dalam negeri.

Baca juga : Contoh Pembuatan Essay Beasiswa Yang Baik dan Benar

Memang sekarang ini peluang memperoleh beasiswa S2 khususnya dalam negeri benar-benar terbuka. Ada beberapa instansi dalam negeri atau luar negeri yang buka program beasiswa. Nach, supaya kamu tidak kebingungan, berikut beberapa rekomendasi opsi beasiswa S2 dalam negeri yang dapat kamu coba!

1. Beasiswa S2 Kominfo

Kominfo melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Balitbang SDM) menyediakan program beasiswa S2. Tidak tanggung-tanggung, program beasiswa Kominfo ini menggandeng beberapa PTN dalam program ini.

Program ini terbuka untuk masyarakat umum dari instansi swasta. Program beasiswa ini menawarkan biaya kuliah sampai biaya penunjang akademik. Kamu juga akan. mendapatkan uang sebesar Rp1.500.000 setiap bulan sebagai biaya hidup.

Untuk bisa mengikuti program beasiswa ini, kamu memiliki latar belakang pekerjaan di sektor teknologi informasi atau startup lokal dengan masa kerja minimal 2 tahun. Kamu juga harus mendapatkan izin atau rekomendasi dari pimpinan.

2. Beasiswa LPDP S2

Beasiswa S2 yang satu ini pasti kamu sudah tidak asing lagi. Sejak pertama muncul pada 2013, beasiswa S2 LPDP telah menjadi incaran banyak masyarakat termasuk pekerja. Lho, LPDP ada program dalam negeri? Tentu ada dong, walau tidak se-famous program luar negerinya, LPDP juga menyediakan beasiswa S2 dalam negeri.

Ada beberapa program beasiswa LPDP S2 yang diselenggarakan, seperti LPDP reguler, beasiswa LPDP afirmasi, beasiswa pendidik, beasiswa dokter spesialis, dan lain sebagainya. Biasanya, pendaftaran umumnya akan dibuka setiap tahun pada bulan April atau Mei. Nah, pada bulan-bulan tersebut, pastikan kamu rajin-rajin cek website resmi LPDP ya!

3. Beasiswa S2 Bidikmisi

Selain LPDP, beasiswa S2 bidikmisi juga tidak kalah jadi idaman dan rebutan banyak orang. Bagi kamu yang pernah mendapatkan beasiswa bidikmisi saat S1, tenang kamu masih bisa mengikuti program bidikmisi S2. Program beasiswa s2 dalam negeri ini menawarkan bebas biaya kuliah penuh hingga biaya hidup selama kuliah.

4.  Beasiswa Dexa Award

Program beasiswa S2 Dexa Award termasuk salah satu program yang rutin tersedia dan terbuka untuk semua jurusan pendidikan. Salah satu syarat yang harus kamu penuhi untuk dapat lolos adalah menyiapkan proposal riset S2 yang berhubungan dengan kesehatan manusia.

Selain mendapatkan beasiswa penuh, kamu juga bisa berkesempatan untuk bekerja di Dexa Group, menarik, kan?

5. Beasiswa Wellcome

Bagi kamu yang belum tahu, Wellcome adalah sebuah yayasan amal global yang berpusat di negara Inggris. Setiap tahunnya, yayasan Wellcome menawarkan beasiswa S2 khusus bidang kesehatan bagi pelajar internasional yang ingin melanjutkan pendidikan di universitas terkemuka, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Program beasiswa ini sifatnya fully funded, yang artinya semua biaya ditanggung penuh oleh Wellcome, mulai dari biaya kuliah, biaya hidup, dan biaya penelitian.

6. Beasiswa IsDB

IsDB atau Islamic Development Bank menawarkan program beasiswa S2 bagi negara-negara yang merupakan bagian dari anggota mereka, seperti Indonesia. Program beasiswa S2 IsDB merupakan beasiswa penuh, di mana kamu akan mendapatkan pembiayaan kuliah, uang saku, asuransi kesehatan, dan tunjangan akomodasi semua akan ditanggung.

Beasiswa S2 dalam negeri ini cukup populer. Namun, beasiswa ini bisa didapatkan jika universitasmu masuk dalam peringkat terbaik di Indonesia.

7. Beasiswa GSEP (Global Sustainable Electricity Partnership)

Beasiswa S2 dalam negeri lainnya yang bisa kamu coba adalah beasiswa GSEP. GSEP sendiri adalah sebuah organisasi non-profit yang memiliki visi untuk membantu pengembangan energi berkelanjutan di seluruh dunia. Sasaran beasiswa pada umumnya adalah para pelamar dari negara berkembangan, salah satunya seperti Indonesia.

Penerima beasiswa dijanjikan akan mendapatkan 21.000 dolar AS selama 2 tahun waktu studi. Beasiswa GSEP bahkan bisa dilamar oleh mereka yang sudah berstatus mahasiswa S2, lho.

8. Beasiswa S2 Universitas Gadjah Mada (UGM)

Bagi kamu yang punya cita-cita kuliah di UGM, mengikuti program beasiswa S2 dalam negeri yang satu ini dapat menjadi pilihan yang sangat menarik. Untuk mengikuti beasiswa ini, kamu harus memenuhi beberapa syarat seperti harus memiliki skor TOEFL ITP minimal 500, skor Tes Potensi Akademik 550, dan IPK minimal 3,25.

Sayangnya, beasiswa ini hanya disediakan untuk beberapa jurusan saja, seperti Kajian Budaya dan Media, Magister Manajemen Bencana, Bioteknologi, dan Kajian Pariwisata.

9. Beasiswa S2 PPM School of Management

Bila kamu ingin memperdalam ilmu manajemen, program beasiswa S2 dalam negeri ini akan sangat cocok untuk kamu. Untuk mengikuti beasiswa ini, kamu harus mengikuti sejumlah persyaratan. Beberapa di antaranya adalah berusia maksimal 26 tahun dan mempunyai skor TOEFL 500 atau IELTS 6.

Benefit yang bisa kamu dapatkan dari program beasiswa PPM ini adalah kamu akan dibebaskan dari biaya pendidikan, mendapatkan uang saku, dan mendapatkan biaya membeli perlengkapan studi.

10. Beasiswa Tanoto Foundation

Program beasiswa S2 ini merupakan program dari yayasan yang dimiliki oleh salah satu pengusaha Indonesia, Sukanto Tanoto. Beasiswa ini dikhususkan untuk PTN saja.

Adapun sejumlah syarat yang harus kau penuhi antara lain memiliki IPK minimal 3,25, pengalaman kerja minimal 2 tahun, serta sudah terdaftar lebih dulu di salah satu PTN mitra Tanoto Foundation.

Beberapa PTN yang menjadi mitra Tanoto Foundation misalnya adalah UI, ITB, IPB dan UGM. Program beasiswa ini berlaku untuk semua jurusan. Jika kamu bisa mempertahankan prestasi akademik, Tanoto Foundation akan memberikan beasiswa penuh hingga gelar master.

Jurusan Teknik Mesin – Info Kuliah & Prospek Kerjanya

Jurusan Teknik Mesin tidak melulu soal mesin motor, mobil, dan kegiatan perbengkelan lainnya,Setiap kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya mesin. Bahkan mungkin banyak diantara teman-teman yang punya hobi mengotak-atik mesin. Jika demikian, maka program studi Teknik Mesin adalah pilihan yang tepat bagi teman-teman. Program studi Teknik Mesin ITB bertujuan mendidik mahasiswa dalam pengembangan sikap dan keterampilan profesional dalam bidang Teknik Mesin sehingga mampu beradapatasi serta mengembangkan diri pada perkembangan ilmu dan teknologi baru.

Pada program studi ini teman-teman akan mempelajari berbagai hal seperti konversi energi yang berkonsentrasi pada mesin-mesin konversi energi seperti motor bakar, sistem termal, mesin fluida seperti mesin fluida, dll. Lalu teman-teman juga akan belajar bagaimana merancang suatu mesin yang efisien, mulai dari gambar teknik, modeling, simulasi sampai pembuatan prototipe mesin tersebut. Ada juga ilmu tentang teknik produksi mesin, serta ilmu dan teknik material. Berbeda dari yang dipelajari oleh teman-teman dari Teknik Material, ilmu material yang dipelajari disini difokuskan pada bagaimana suatu jenis bahan memenuhi fungsi tertentu atau kualifikasi suatu peralatan mesin. Misalnya meneliti material yang ringan, kuat dan tahan pada temperatur tinggi untuk kebutuhan sudu turbin.

Jurusan kuliah teknik mesin terbaik

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) menjadi hasil pemekaran dari Fakultas Teknologi Industri (FTI) sesuai surat keputusan Rektor ITB No.245/SK/OT/2007 tanggal 10 September 2007. FTMD sendiri membuka program pendidikan sarjana, magister, dan doktor seperti Teknik Mesin, Teknik Dirgantara, dan Teknik Material. Untuk jurusan Mesin sendiri didirikan pada tahun 1942 dan saat ini memiliki jenjang program Sarjana, Magister, dan Doktor.

2. Institut Teknologi Sepuluh November

Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) didirikan pada 17 Agustus 1957. Namun, baru diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 10 November 1957. Kala itu, YPTT memiliki 2 Fakultas. Teknik Mesin (S1) dan Pendidikan Ahli Teknik (PAT) serta Teknik Sipil (S1) dan Pendidikan Ahli Teknik (PAT).

Dikutip dari situs resminya, YPTT berubah nama menjadi Institut Teknologi Sepuluh November pada 3 November 1960. Setelah itu, mulai muncul fakultas-fakultas lain yang terus berkembang sampai sekarang. Dari ketiga program studi Teknik Mesin yang tersedia di ITS, semuanya sudah mendapatkan Akreditasi BAN PT : A.

3. Universitas Indonesia

Dikutip dari situs resminya, Fakultas Teknik Universitas Indonesia berdiri pada 17 Juli 1964. Jurusan yang dibuka pada awalnya hanya Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Mesin. Setelah berkembang, muncul banyak jurusan baru yang tersedia di UI.

Berdasarkan survei yang dilakukan QS World University, Fakultas Teknik Universitas Indonesia menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Program Studi ini tersedia bagi jenjang Sarjana, Magister, hingga Doktor. Program sarjana Teknik Mesin memiliki akreditasi BAN PT : A serta Akreditasi ASEAN University Network (AUN) 2008 (Dibawah Departemen Teknik Sipil).

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Teknik Mesin UGM juga masuk dalam jajaran kampus teknik mesin terbaik di Indonesia. Program Studi teknik mesin berada di Departemen Teknik Mesin dan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Untuk jurusan teknik mesinnya sendiri terdiri dari program sarjana (S1), pascasarjana(S2), dan doktor (S3). Program Studi Teknik Mesin terakreditasi Unggul (U) oleh BAN PT serta telah terakreditasi juga oleh Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET).

5. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Jurusan Teknik Mesin UNDIP sendiri telah resmi berdiri pada tahun 1984. UNDIP telah menyediakan fasilitas umum untuk menunjang pendidikannya seperti ruang kelas, perpustakaan, sport center, mushola, kantin dan laboratorium. UNDIP menyediakan laboratorium lengkap seperti Laboratorium pendukung di sini antara lain Laboratorium Robotika Otomasi, Laboratorium Thermofluids dan Laboratorium Metrologi.

Baca Juga : Rekomendasi Jurusan Perikanan dan Kelautan

Prospek Kerja

  • Bidang Pengoperasian dan Perawatan (Operation & Maintenance)

Tak dapat dipungkiri bahwa semua peralatan memerlukan perawatan untuk menekan biaya operasi, meminimalkan waktu untuk memperbaiki kerusakan (down time), meningkatkan produktifitas, dan memaksimalkan keuntungan. Semua industri mulai dari minyak dan gas, manufaktur, kelistrikan, dan petrokimia memerlukan pekerja di bidang ini.

  • Bidang Pembangkitan Energi

Pembangkitan tenaga listrik lebih memerlukan lulusan Teknik Mesin dibanding teknik elektro. Untuk membangkitkan listrik, dibutuhkan mesin utama seperti turbin, pompa, kompresor, peralatan hidraulik, boiler, fan/blower, di samping peralatan kendali dan jaringan jala-jala listrik.

  • Bidang Manufaktur

Di semua pabrik, mulai pabrik peralatan sehari-hari (obat, sandang, pangan), pabrik penghasil mesin, pabrik kendaraan baik roda dua (sepeda motor), roda empat (mobil), sampai truk dan alat berat, sarjana Teknik Mesin pasti dibutuhkan terutama untuk operasi dan perawatan.

  • Bidang Minyak dan Gas

Di bidang ini, peran yang disandang sarjana Teknik Mesin sudah semakin luas, mulai dari pengeboran (drilling) sampai pengoperasian (operation & maintenance). Hingga saat ini, bidang minyak dan gas masih merupakan bidang yang paling diminati lulusan karena memberi penghasilan yang paling tinggi.

  • Bidang Otomotif

Industri otomotif Indonesia merupakan salah satu tempat bekerja yang populer untuk lulusan Teknik Mesin

  • Bidang Jasa Kontruksi, Konsultasi, dan Desain

https://mitranusantarasmp.com/info-lengkap-fasilitas-telkom-university/
Rekomendasi Jurusan Perikanan dan Kelautan

Indonesia dikenal sebagai Negara Maritim, dikarenakan Negara kami ini mempunyai bahari yang luas melebihi berasal dari daratannya. Tidak cuman tersebut, potensi berasal dari bahari yang kami memiliki juga amat banyak. Bahari Indonesia jadi tidak benar satu sektor ekonomi yang paling menguntungkan. Untuk tersebut diperlukan tak terhitung sumber energi manusia yang mumpuni untuk mengolah potensi itu. Tetapi sayangnya, jurusan-jurusan perikanan dan kelautan di Indonesia masih sepi peminat dan belum berlimpah diketahui. Maka berasal dari tersebut, yuk kami simak ulasan tentang beraneka jurusan perikanan dan kelautan yang tersedia di Indonesia berikut! 

Hal ini dikarenakan Indonesia sebagai negara maritim yang beberapa besar wilayahnya merupakan perairan dan sumber energi alam yang tersedia di bahari, sungai, ataupun danau pun terlampau melimpah. Itulah mengapa jurusan kuliah tentang bersama kelautan dan perikanan sanggup jadi jurusan yang menjanjikan. Tidak benar satu jurusan di bidang ini ialah yang mengenai bidang Perikanan.

Lihat Juga : Tes Minat Bakat Sebelum Menentukan Jurusan Kuliah

Serba-serbi Jurusan Perikanan dan Kelautan di Indonesia

1. Jurusan Ilmu dan Teknologi Kelautan

Jurusan Pengetahuan dan Teknologi Kelautan jadi keliru satu jurusan paling generik yang tersedia di dalam ranah jurusan perikanan dan kelautan. Lalu layaknya apasih Jurusan Pengetahuan dan Teknologi Kelautan tersebut? Dikutip berasal dari hasil review jurusan Pengetahuan Kelautan di sistem, Pengetahuan Kelautan merupakan keliru satu jurusan yang benar-benar luas cakupannya, mulai berasal dari ekologi, meteorologi bahari, konservasi sumberdaya lingkungan bahari, hingga berkenaan pengelolaan amdal. Bukan hanyalah mempelajari mengenai lautan saja, tetapi juga mengenai tempat pesisir dan pemberdayaan penduduk kira-kira pesisir yang mayoritas merupakan nelayan.

Pengetahuan Kelautan pastinya tak tanggal kaitannya berasal dari perikanan. Menjadi, terhadap program belajar ini kami akan turut mempelajari pengetahuan ilmu perihal perikanan. Lulusan program belajar ini mempunyai prospek kerja di forum-forum penelitian pemerintah maupun partikelir untuk mengkaji dan meneliti beraneka permasalahan berkenaan kelautan, di beraneka instansi pemerintahan layaknya Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dinas Kelautan Provinsi ataupun Kabupaten, dan juga sebagai pengajar di bidang pengetahuan kelautan.

2. Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan (Perikanan)

sumberdaya perairan Indonesia belum dikelola dan dimanfaatkan secara optimal, agar kerap kali Indonesia masih kudu bergantung terhadap asing didalam pengadaan dan pengelolaan sumberdaya perairannya. Untuk tersebut Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan jadi keliru satu jurusan yang paling berpotensi menciptakan sumberdaya manusia untuk mengolah sumber energi perairan kami.
Dikutip berasal dari jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan adalah suatu jurusan yang mempelajari tentang proses atau kesibukan perencanaan, pengorganisasian, pemakaian, dan pengelolaan sumberdaya perairan meliputi pemetaan sumberdaya, pendayagunaan, pembudidayaan, produksi, sampai pemasaran sumberdaya perairan. Terhadap program belajar ini kami akan mempelajari ragam dan fisiologi fauna air, cara penangkapan, sampai penyakitnya. Berasal dari segi ekonomi kami akan mempelajari tataniaga dan manajemen taktik pemasaran sumberdaya perairan.

3. Jurusan Agrobisnis Perikanan

Tak sekedar dikenal bersama dengan julukan Jurusan Agrobisnis Perikanan, Jurusan ini juga dikenal bersama julukan Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan. Dikutip juga berasal dari hasil review jurusan di dalam sistem rencanamu.id, jurusan Agrobisnis Perikanan adalah sebuah jurusan yang mempelajari teknik mengelola usaha perikanan, baik perikanan bahari maupun air tawar, juga budidaya perikanan dan biota bahari/ air tawar. Program belajar ini juga membekali mahasiswanya bersama dengan jiwa entrepreneurship sehingga bisa berdikari di sedang persaingan usaha komoditas perikanan.

4. Jurusan Teknologi Hasil Perikanan

Apa tersebut Jurusan Teknologi Hasil Perikanan? Menurut lebih dari satu hasil review di dalam sistem rencanamu.id, jurusan Program belajar Teknologi Hasil Perikanan mempelajari bagaimana mengolah hasil perikanan berasal dari pasca panen sampai menghasilkan product perikanan berkualitas tinggi yang zero waste dan ramah lingkungan, juga mempelajari manajemen industri dan usaha perikanan. Program belajar ini dikenal juga bersama sebutan Teknologi Industri Perikanan, sama bersama program belajar “Kembarannya” yaitu Teknologi Industri Pertanian. Mirip-Mirip mempelajari perihal proses pasca panen, sekedar saja program belajar ini lebih mengarah terhadap sektor perikanan. Disini akan dipelajari teknologi budidaya ikan, teknik fermentasi, pengelolaan limbah hasil perikanan, sampai bagaimana merampungkan permasalahan mengenai perikanan.

Alumni program belajar ini sanggup bekerja di instansi pemerintahan layaknya Kementerian Kelautan dan Perikanan (Kkp), dan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek, bekerja di corporate partikelir yang bergerak di bidang perikanan dan hasil bahari, atau mengembangkan bisnis perikanan sendiri.

6 Universitas Swasta dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik 2023
6 Universitas Swasta dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik 2023

6 Universitas Swasta dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik 2023 – Apa kamu ingin masuk di universitas swasta dengan jurusan Teknik Informatika Terbaik? Banyak program studi yang terkait dengan computer dan yang terpopuler ialah teknik informatika. Jurusan berprestise yang dicari beberapa orang.

Kamu dapat pelajari mengenai konsep ilmu computer dimulai dari perancangan, sampai penilaian mekanisme operasi. Keperluan tenaga kerja dengan pangkalan jurusan itu, akhir-akhir ini melesat alias banyak dicari.

Disamping itu, programming sampai peningkatan software ada juga didalamnya. Supaya bisa temukan jurusan yang sama sesuai, minimum kamu harus tahu berapa baik rangking atau akreditasnya. Untuk kamu yang tertarik ketahui info sekitar perguruan tinggi atau universitas swasta dengan jurusan teknik informatika terbaik langsung bisa check di keterangan ini.

  • Universitas Gunadarma

Rekomendasi pertama jatuh pada Universitas Gunadarma Depok dalam masalah ini sediakan fakultas yang terkait dengan computer yakni teknik informatika, mekanisme info, dan mekanisme computer. Untuk akreditas jalurnya sendiri telah memperoleh rangking A BAN PT.

Baca Juga : Contoh Essay Beasiswa Pendidikan dan Cara Membuatnya

  • Bina Nusantara (BINUS)

Salah satunya universitas berprestise yang punyai “cikal akan” mahasiswa berdedikasi tinggi setelah itu BINUS. Awalannya sebagai lembaga training computer biasa, tetapi seterusnya jadi Sekolah tinggi Teknik Computer lalu di tahun 1984 beralih menjadi AMIK Jakarta. Penghargaan untuk penghargaan lewat sekolah tinggi computer terbaik dipasangkan, lalu ganti jadi STMIK dengan program S1 manajemen informatika. Banyak garapan professional alumni BINUS dimulai dari pendiri dan CEO tokopedia sampai pendiri Picmix.

Binus masuk ke urutan ke-2 universitas swasta terbaik loh. Bukan itu saja, Kemenristekdikti tempatkan Binus di rangking 40 untuk perguruan tinggi non vokasi terbaik 2018. Dan untuk fakultas salah satunya yang dapat kamu coba ialah fakultas teknik informatika,ilmu computer, ekonomi dan komunikasi dan design. Jika tertarik selekasnya peroleh info selengkapnya dengan berkunjung website resminya.

  • Universitas Esa Unggul

Tahukah kamu bila jurusan teknik informatika di Universitas Esa Unggul telah kantongi beragam sertifikat internasional? Ya, beberapa alumni kantongi sertifikat Internasional salah satunya SAP edugate, Sun Microsystems International Java Programming&Unix, sampai Cisco Network Academic Program berprestise.

bahkan juga ada jurusan favorit dengan 5 jurusan seperti Artificial Intelligence, Games and Embedded Sistem Program, Games and Embedded Sistem Program, Database Sistem dan Software Engineer, amazing kan?

Telah memperoleh predikat A dari BAN PT, tidak membuat statis dan berpuas diri. Malah ni yang membuat universitas itu selalu bersiap sampai mempunyai jurusan teknik informatika terbaik di Indonesia. So proud of you.

  • Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UNIKA)

Bila kamu mencari universitas multikultur, dengan tenaga pendidik professional, sarana yang hebat dan komplet, dan kesempatan agar peroleh beasiswa yang lebih tinggi karena itu jawabnya ialah Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Kenyataannya, universitas ini juga kantongi akreditas A dan telah mempunyai kerja sama yang baik dengan banyak beberapa perusahaan. Di sini bukan muluk materi tapi juga praktik supaya siap masuk ke dunia kerja dan warga secara luas. Ada cabang universitas di sejumlah kota salah satunya Makassar dan Yogyakarta. Untuk kamu yang pilih jurusan teknik informatika terbaik bisa langsung browsing info universitas ini saat ini .

  • Universitas Telkom

Universitas swasta dengan jurusan teknik informatika terbaik setelah itu universitas Telkom. Mempunyai akreditas A oleh BAN-PT, kenyataannya perguruan ini rupanya ialah yang pertama di Jawa Barat terutama Banten yang pertama memperoleh akreditas terbaik itu di tahun 2016. Keseluruhan ada 104 PT yang memperoleh akreditas A dari 4.603 PT dan Universitas Telkom satu diantaranya.

  • Universitas Prasetiya Mulya

Telah sukses cetak alumni-alumni keren, salah satunya start up seperti Gojek dan traveloka. Kembali lagi telah memperoleh akreditas A oleh BAN-PT. Universitas satu ini terbaik karena menggenggam tegar kerjasama dalam soal evaluasi hingga bukan hanya dari sisi teoritis saja tetapi implementasi kesatuan ilmu usaha dan dunia kerja. Bukan hanya itu, di sini kamu akan memperoleh ilmu mengenai kepandaian usaha dengan teknik dan teknologi sains, kece kan?

Dengan teknik evaluasi yang giat dan lembaga semacam itu, karena itu diharap sanggup membuat evaluasi universitas berbasiskan ilmu pengetahuan dan usaha terbaik di Indonesia.

Contoh Essay Beasiswa Pendidikan dan Cara Membuatnya

Bagi kamu yang sedang berjuang meraih beasiswa maka perlu memperhatikan contoh Essay beasiswa. Mengapa? Sebab menyusun Essay menjadi satu diantara sekian syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mengikuti seleksi penerimaan program beasiswa. Nyaris semua program beasiswa mewajibkan calon penerimanya untuk menyusun Essay.

Baca juga : Cara Mendapatkan Beasiswa Secara Gratis

Essay sering disebut sebagai lembar promosi diri, karena isi Essay ini memaparkan kepribadian dari penulisnya. Menitik beratkan pada keinginan terbesar atau target yang sedang diperjuangkan sampai titik darah penghabisan.

Lewat Essay, penyedia program beasiswa bisa menentukan mana calon penerima yang benar-benar potensial. Hal ini tentu penting, sebab penyedia beasiswa tentu berharap ilmu dan gelar pendidikan yang diraih para peserta bisa bermanfaat besar. Maka hanya diberikan kepada mereka yang memiliki tujuan hidup yang besar pula.

Lalu, seperti apa proses penyusunan Essay Beasiswa untuk keperluan mengikuti seleksi program beasiswa? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Tujuan Pembuatan Essay

Penulisan Essay secara umum juga memiliki 3 (tiga) tujuan penting, berikut penjelasannya:

1. Meyakinkan Pembaca

Sifat Essay yang subjektif membuat isi di dalamnya memaparkan pola pemikiran dari penulisnya. Lewat Essay inilah, seorang penulis berusaha untuk meyakinkan pembaca mengenai pemikiran tersebut. Pada Essay beasiswa, maka penulis perlu mencantumkan penilaian terhadap diri sendiri agar layak menjadi penerima beasiswa tersebut.

Essay juga bisa berisi pendapat penulis tentang suatu fenomena. Sehingga tujuannya adalah meyakinkan pembaca bahwa fenomena tersebut memang benar adanya seperti yang dipaparkan penulis pada Essay yang disusun.

2. Pembaca Bisa Menerima Pendapat Penulis

Essay yang sifatnya individu atau personal, membuat Essay tersusun berdasarkan sudut pandang masing-masing penulis. Isi di kemudian akan berisi argumen atau pendapat penulis tersebut. Pemaparan yang baik di dalam Essay bertujuan untuk meyakinkan pembaca agar bisa menerima pendapat di dalam Essay tersebut.

3. Memberi Informasi Mengenai Suatu Topik

Essay juga disusun dengan tujuan untuk memberikan atau membagikan informasi. Informasi ini sesuai dengan jenis Essay yang ditulis. Pada Essay ilmiah, maka informasi yang disajikan mengarah pada hasil penelitian sehingga bisa dijadikan rujukan untuk penelitian lanjutan dari peneliti lain.

Sedangkan pada contoh Essay beasiswa lengkap, isi informasinya adalah condong kepada kepribadian atau karakter penulis. Sekaligus memaparkan masalah yang pernah dialami, solusi mengatasinya, dan bagaimana cara penulis bangkit pasca masalah tersebut terjadi.

Contoh Essay Beasiswa Lengkap

Pada dasarnya untuk para pemula dalam menulis Essay tentu akan membutuhkan contoh Essay yang baik dan benar. Sehingga bisa dijadikan acuan atau panduan untuk bisa menulis Essay yang sama baiknya, meskipun dengan tema yang berbeda dan tujuan yang tidak sama.

Essay sendiri selain Essay dengan tujuan sebagai proses mengikuti seleksi penerimaan program beasiswa. Juga bisa dari jenis Essay ilmiah, Essay pendidikan, dan Essay di bidang lainnya. Jika saat ini sedang menyusun Essay beasiswa, maka berikut adalah Essay beasiswa yang bisa dijadikan bahan acuan:

1. Contoh Essay Beasiswa KSE

Essay Seleksi Beasiswa Karya Salemba Empat

Oleh: Riska Sitanggang

Nama saya Riska Sitanggang dan akrab dipanggil dengan nama Riska. Saya lahir pada 5 Oktober 1996 di kota Semarang, Jawa Tengah. Berasal dari keluarga sederhana yang berharap anak-anaknya bisa sukses meraih pendidikan tinggi. Penulisan Essay ini sendiri saya tujukan untuk memenuhi persyaratan mengajukan beasiswa Karya Salemba Empat.

Alasan Pemilihan Jurusan 

Ada banyak jurusan pendidikan menarik perhatian saya. Namun, hati saya kemudian terpatri pada Jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Sumatera Utara (USU). Ilmu komunikasi adalah pilihan yang kemudian saya ambil dengan sejumlah pertimbangan.

Sehingga saat kesempatan SNMPTN (jalur undangan) saya terima, maka kesempatan ini kemudian tidak ingin saya sia-siakan. Bermodalkan nekat, saya memilih jurusan utama di Ilmu Komunikasi, selanjutnya disusun jurusan Kesehatan Masyarakat, dan baru kemudian jurusan Pendidikan Bahasa Jerman UNIMED.

Ilmu komunikasi menjadi program studi utama setelah saya browsing bahwa jurusan ini merupakan salah satu jurusan favorit dengan banyak peminat di kota Medan. Alasan kedua, kenapa jurusan ini saya utamakan adalah untuk membantu saya keluar dari kejenuhan belajar eksakta yang berkutat dengan angka-angka.

Alasan ketiga, adalah karena Ilmu Komunikasi sejalan dengan passion dan kemampuan (ability) saya pribadi khususnya dalam hal menulis. Selain itu, pilihan ini juga memberi saya kesempatan untuk belajar lebih banyak hal di bidang keilmuan baru yang tidak lagi berkutat dengan bidang eksakta.

Alasan Kebutuhan Beasiswa 

Setelah setahun menempuh pendidikan Ilmu Komunikasi di USU saya kemudian mencoba bergabung di sejumlah organisasi intra maupun ekstra kampus. Tujuan dari langkah ini adalah membantu saya untuk mengembangkan diri. Sebab dari organisasi ini saya bisa mengasah berbagai keterampilan yang belum tentu saya dapatkan di perkuliahan.

Keaktifan saya di sejumlah organisasi membantu saya tidak hanya menjadi mahasiswa dengan dua kesibukan, yakni kuliah lalu pulang. Hanya saja keaktifan ini juga menuntut biaya lebih. Yakni untuk memenuhi kebutuhan selama mengikuti kegiatan organisasi dan juga kegiatan pembelajaran Ilmu Komunikasi.

Kebutuhan dana juga saya rasakan untuk bisa memenuhi kebutuhan buku-buku kuliah dan referensi lainnya. Selain itu juga untuk menabung biaya penyusunan skripsi saat memasuki semester akhir di masa mendatang. Harapan saya, dengan adanya beasiswa KSE maka saya bisa memenuhi kebutuhan tersebut dan meringankan beban ibu saya.

Jangka Panjang Setelah Lulus Kuliah

Sebagai salah satu Sarjana Ilmu Komunikasi, saya memiliki keinginan untuk bisa menjadi komunikator yang baik dan handal di bidang jurnalistik. Selanjutnya, saya ingin mengamalkan ilmu dan keahlian yang saya dapat semasa kuliah dengan terjun di dunia media. Sehingga bisa menjadi jurnalis dengan kredibilitas yang baik.

Rencana lain yang saya miliki setelah lulus, pertama adalah meniti karir di bidang jurnalistik dan editor. Dalam hal ini saya berkeinginan untuk mendirikan publishing house yang membantu anak-anak berkebutuhan khusus dan memiliki bakat menulis untuk bisa menerbitkan karya-karyanya.

Kedua, saya berkeinginan untuk melanjutkan studi S2 di Jerman mengambil peminatan Komunikasi Pembangunan ataupun Jurnalistik. Setelah selEssay, saya ingin menjadi tenaga pendidik, berbekal ilmu dan pengalaman yang saya miliki maka bisa saya bagikan kepada peserta didik.

Alasan Apply Beasiswa KSE 

Segala niat, usaha dan doa akan membawa setiap pengejar mimpi menemukan titik keberhasilannya. Oleh karena itu, saya mengajukan beasiswa Karya Salemba Empat Tahun Akademik 2016-2017 selain akan terbantu dari sisi ekonomi, dalam beasiswa ini juga terdapat berbagai pelatihan dan kegiatan untuk mengembangkan diri seperti pelatihan kepemimpinan, pembinaan wirausaha muda, jaringan komunikasi dan kerjasama yang baik.

Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah Juga Jadi Keliru Satu Persiapan Signifikan. Bukan Sedikit Siswa-Siswi Indonesia Sehabis Selesai Sekolah Menengah Atas Inginkan Melanjutkan
Tes Minat Bakat Sebelum Menentukan Jurusan Kuliah

Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah Juga Jadi Keliru Satu Persiapan Signifikan. Bukan Sedikit Siswa-Siswi Indonesia Sehabis Selesai Sekolah Menengah Atas Inginkan Melanjutkan Pendidikannya Hingga Ke Perguruan Tinggi. Akan Tapi, Bukan Sporadis Juga Berasal dari Mereka Yang Merasa Kebingungan Untuk Menentukan Jurusan Kuliah Mana Yang Tepat. Belum Kembali Terkecuali Jurusan Yang Didambakan Tersebut Bukan Disesuaikan Bersama Penjurusan Yang Ia Ambil Kala Menempuh Pendidikan Sekolah Menengah Itu.

Bukan Sedikit Pula Siswa-Siswi Itu Merasa Risi Akan Memilih Jurusan Kuliah Yang Tidak benar. Gara-gara Fenomena Itu Nantinya Juga Akan Berdampak Pada Prestasi Mereka. Tak hanya Merasa Risi Bukan Sanggup Merampungkan Kuliah Itu Bersama Tepat Sementara. Ternyata Mereka Juga Risi Gara-gara Jurusan Yang Keliru Tersebut Juga Akan Berdampak Terhadap Performa Ataupun Semangat Mereka Mengikuti Mata Pelajaran Kala Berada Di Bangku Perkuliahan. Sebagai Contohnya Saja Begini, Nilai Yang Didapat Bukan Memuaskan Namun Mereka Udah Merasa Stress.

Untuk Tersebut, Berarti Bagi Para Orang Tua, Guru Ataupun Siswa Yang Miliki Keinginan Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Jenjang Yang Lebih Tinggi Guna Sahih-Sahih Mengetahui Minat Dan juga Talenta Siswa. Apabila Bukan Begitu, Terdapat Mungkin Kalau Murid Ataupun Siswa Tidak benar Didalam Mengambil Jurusan Agar Bukan Sanggup Nikmati Era-Jaman Mengasyikkan Di Bangku Perkuliahan.

Baca Juga : Jurusan Kuliah Menjanjikan Pertambangan

Apa yang Dimaksud bersama dengan Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah?

Guna Mengevaluasi Dan juga Mengukur Talenta Dan juga Minat Mahasiswa, Terdapat Cara Yang Sanggup Ditunaikan. Tidak benar Satunya Adalah Bersama dengan Lewat Tes Minat Talenta. Berkaitan&Nbsp;Tes Minat Bakat Tersebut Sendiri Terdapat Beragam Macam. Supaya Laksanakan Tes Itu Juga Disesuaikan Bersama Keperluan. Tetapi, Tahukah Kamu Apa Yang Dimaksud Bersama Tes Minat Talenta Jurusan Kuliah Tersebut Sendiri?

Kudu Diketahui Bahwa Tes Minat Bakat Tersebut Merupakan Rangkaian Tes Dan juga Analisa Yang Sanggup Menggambarkan Kemampuan Kognitif, Ciri Minat Talenta Juga Kepribadian Seseorang Pada Sebuah Bidang Ataupun Jurusan Eksklusif. Adanya Yang Atas Ini Juga Udah Dirancang Secara Spesifik Menopang Siswa Untuk Paham Potensi Yang Terdapat Di dalam Diri Dan juga Bidang-Bidang Yang Mereka Minati Bersama Lebih Baik.

Umumnya Tes bakat Jurusan Ini Juga Dikerjakan Dan juga Dinilai Oleh Seorang Psikolog Yang Profesional. Pada akhirnya, Sebagai Peserta Kamu Bukan Hanyalah Akan Beroleh Hasil Yang Berupa Nilai Tertulis Saja. Melainkan Juga Sanggup Jalankan Konsultasi Segera Bersama dengan Psikolog Perihal Bersama Hasil Tes Yang Udah Kamu Dapatkan. Maka, Siswa Pun Nantinya Sanggup Beroleh Arahan Yang Lebih Mengerti Berkaitan Pemilihan Jurusan Kuliah Yang Wajib Diambil. Bersama Mengikuti Tes Minat Talenta Jurusan Kuliah Ini, Juga Akan Mempermudah Calon Mahasiswa Baru Memilih Jurusan.

Tes Online

Dimana Sanggup Mengikuti Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah Ini? Pertanyaan Yang Tepat. Tetapi Bukankah Kehidupan Manusia Sementara Ini Udah Didominasi Bersama Pemanfaatan Teknologi Digital? Bukankah Pas Ini Juga Kami Sanggup Lebih Gampang Jalankan Apapun Bersama Mengenakan Teknologi Digital? Tepat, Tes Minat Talenta Pun Juga Sanggup Kami Melakukan Secara Online Atau Lewat Teknologi Digital Itu.

Kami Dapat Mengerjakan Seluruh Tes Berasal dari Tempat tinggal Ataupun Di Manapun. Sanggup Memakai Smartphone Ataupun Laptop Mampu Juga Komputer. Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Meniti&Nbsp;Tes Minat Bakat Secara Online Adalah Pastikan Alat Elektronik Yang Kamu Gunakan Tersebut Mumpuni Atau Menolong. Tersebut Saja Juga Bukan Memadai Pastikan Juga Koneksi Internet Untuk Stabil. Waktu Ini Juga Berlimpah Yang Memilih Jalankan Tes Psikologi Ataupun Minat Talenta Secara Online. Dikarenakan Yang Demikian Tersebut Juga Ama Mudahkan Daripada Kudu Pergi Ke Daerah Lain Guna Mengikuti Tes Itu.

Di Samping Tersebut Kamu Ketika Mengerjakan Seluruh Tes Usahakan Untuk Terus Fokus. Tidak Semata-mata Tersebut Saja Hindari Untuk Bukan Begadang Terhadap Malam Sebelum Ujian Itu Mulai. Sehingga Hasilnya Juga Maksimal Dan Tubuh Konsisten Fit. Hindari Hal-Hal Yang Sanggup Mengganggu Konsentrasi Waktu Mengerjakan Tes Talenta Minat. Pilihlah Ruangan Yang Sunyi Agar Konsisten Fokus Dan Tetaplah Tenang Dan juga Yakin Diri. Sebagian Tips Itu Juga Kudu Diperhatikan Ketika Kamu Mengikuti&Nbsp;Tes Minat Talenta Jurusan Kuliah.

8 Universitas Swasta Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia
8 Universitas Swasta Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia

8 Universitas Swasta Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia – Universitas swasta jurusan kedokteran terbaik di Indonesia tidak bisa kalian meremehkan. Universitas swasta kadang mempunyai sarana yang semakin lebih unggul dibanding universitas negeri sekalinya. Tenaga pengajarnya pun tidak kalah professional.

Umumnya universitas swasta jadi opsi jika tidak lulus penyeleksian masuk perguruan tinggi negeri. Tetapi, tidak butuh berkecil hati, kualitas dari jurusan kedokteran universitas swasta banyak juga yang telah memiliki legalisasi A.

Nah, untuk kamu yang berkemauan menjadi seorang dokter, ulasan berkenaan universitas swasta jurusan kedokteran terbaik di Indonesia berikut kemungkinan dapat menolong. Berikut ulasannya, baca baik baik!

  • Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Universitas swasta jurusan kedokteran terbaik di Indonesia yang pertama yakni Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya lahir di tahun 1967. Dan Universitasnya sendiri dibangun di tahun 1960.

Fakultas Kedokterannya memiliki rumah sakit sendiri, lho. Rumah Sakit Atma Jaya mulai bekerja di tahun 1976. Mahasiswanya lakukan aktivitas belajar mengajarkan di Universitas Pluit yang mana ada di satu lokasi dengan Rumah Sakit itu.

  • Universitas Katolik Widya Mandala

Universitas Katolik Widya Mandala atau UKWM sebagai salah satunya universitas swasta yang memiliki Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia. UKWM sudah terakreditasi A oleh AIPT.

Oleh karena itu, tidaklah heran bila program studi yang berada di universitas ini terakreditasi dengan nilai yang baik. Dan Fakultas Kedokteran UKWM sendiri memiliki 21 departemen preklinik dan klinik buat memberikan dukungan proses belajar mengajarkan.

Universitas Pelita Keinginan menjadi satu diantara universitas swasta jurusan kedokteran terbaik di Indonesia yang dibangun di tahun 2001. Meskipun termasuk muda, Fakultas Kedokteran UPH telah mempunyai rekanan baik itu di ranah nasional atau internasional.

Salah satunya fakultas favorit di UPH ini memiliki rumah sakit yang namanya Rumah Sakit Umum Siloam di Lippo Village. Tidak butuh cemas dengan legalisasinya, fakultas ini telah mempunyai akreditai A dari BAN PT. Jurusan Kedokteran Universitas Pelita Keinginan dapat kamu tentukan karena mempunyai kualitas yang baik sekali.

Baca Juga : 8 Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan di Masa depan

  • Universitas Tarumanegara

Universitas swasta jurusan kedokteran terbaik di Indonesia seterusnya yakni Universitas Tarumanegara. Salah satunya universitas terbaik di Indonesia ini berada di Jakarta dan buka jurusan pada 1 Oktober 1965.

Kurikulum program studi Pendidikan Dokter Universitas Tarumanegara diatur berdasar perolehan kapabilitas yang sudah diputuskan di Indonesia. Lulusan Untar tidak disangsikan kembali kwalitasnya hingga mempunyai propek kerja yang lumayan luas.

  • Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia berada di daerah Sleman, Yogyakarta. Walaupun menjadi satu diantara universitas yang terpenting di Indonesia, tetapi UII masih tetap memprioritaskan nasionalisme yang masih tetap berdasarkan nilai Islam.

UII sebagai universitas yang cukup tua yaitu berdiri di bulan Juli 1945. Dalam pada itu, program studi pendidikan dokter disahkan di tahun 2001 dan mempunyai legalisasi A oleh BAN PT. Mahasiswa kedokteran UII mendapat evaluasi di rumah sakit partner UII.

  • Universitas Kristen Duta Wawasan

Salah satunya universitas swasta terbaik di Yogyakarta ini mempunyai program studi pendidikan dokter. UKDW mendapat banyak penghargaan hingga kwalitasnya tidak disangsikan kembali.

Walaupun termasuk baru yaitu dibangun di tahun 2009, program studi pendidikan dokter telah mendapatkan legalisasi B dari BAN PT. Fakultas Kedokteran UKDW hasilkan lebih dari 107 dokter dan telah bekerja di beberapa pelosok Indonesia.

  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Universitas swasta jurusan kedokteran terbaik di Indonesia yang kami referensikan selanjutnya yakni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau UMY memiliki program studi pendidikan dokter dan karier dokter. Jika kamu ingin jadi seorang dokter, karena itu kamu harus tempuh sarjana pendidikan dokter dan karier dokter.

Dengan berkuliah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), kamu akan memperoleh sarana yang mendukung perkuliahan seperti laboratorium dan ruangan CNT. Sarana itu akan menolong mahasiswa dalam pelajari ilmu kedokteran hingga bisa jadi dokter yang andal.

Demikianlah informasi berkenaan universitas swasta jurusan kedokteran terbaik di Indonesia. Nach, menjadi ingin milih yang mana? Tetapkan opsimu dengan masak ya! Untuk memperoleh up-date sekitar perkuliahan, kamu bisa mengaksesnya lewat web Universitas123. Mudah-mudahan berguna!

  • Universitas Yarsi

Universitas Yarsi berada di Jl. Letjen Suprapto, Jakarta. Fakultas Kedokterannya telah terakreditasi A di tahun 2014. Universitas swasta ini memiliki 2 program studi untuk tingkatan sarjana dan 2 program studi untuk karier.

Sarana yang dipunyai jurusan kedokterannya lumayan komplet seperti klinik, laboratorium, RSU Yarsi, RSGM Yarsi, dan lain-lain. Dengan sarana pendukung itu tentu saja membuat mahasiswa makin mempunyai kekuatan di bagian kedokteran.

  • Universitas Trisakti

Universitas swasta jurusan kedokteran terbaik di Indonesia seterusnya yakni Universitas Trisakti. Universitas ini didirkan pada 29 November 1965 oleh Pemerintahan Republik Indonesia. Nama Trisakti sendiri diberi oleh bapak proklamator Indonesia.

Universitas Trisakti sendiri mendapat legalisasi A oleh BAN PT. Dalam pada itu, jurusan kedokteran Universitas Trisakti berkualitas baik ditunjukkan lulusannya yang mumpuni.

jurusan-kuliah-yang-menjanjikan-di masadepan
8 Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan di Masa depan

Setelah lulus pendidikan SMA/SMK/MA, sebagian besar siswa ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sayangnya, tidak seluruhnya siswa dapat pilih jurusan yang pas, hingga ada keraguan pilih jurusan.kalian, apalagi dengan mengajukan jalur-jurusan kuliah tertentu. Tetapi tidak bisa disangkal, orang yakini jika ada banyak jurusan kuliah yang mudah mencari kerja bila dibandingkan jurusan kuliah yang menjanjikan yang lain secara umum

Jurusan Akuntansi

Bagi anak IPS pasti bisa membayangkan seperti apa akuntansi itu. Jurusan ini mengajarkan mahasiswa untuk teliti dan terampil menghitung dan mengatur keuangan. Sebenarnya anak IPA juga bisa masuk dalam jurusan ini Mahasiswa diajarkan tentang pencatatan serta pelaporan keuangan yang penting pada perusahaan. Jadi, kemampuan berhitung harus baik dan terampil karena salah perhitungan bisa membuat perusahaan rugi. Prospek kerja jurusan ini bisa bekerja di perusahaan negeri atau swasta, pemerintahan, konsultan bisnis, perencana keuangan, wirausaha, konsultan pajak, financial analyst, credit analyst, dan lain sebagainya.

Jurusan Ilmu Komunikasi

Mahasiswa pada jurusan ini akan belajar tentang tata cara penyampaian pesan dengan baik supaya tepat sasaran. Bahkan jurusan ilmu komunikasi adalah jurusan yang banyak peminatnya di UTBK-SBMPTN 2021. Alasannya, karena jurusan ini mempunyai prospek kerja yang banyak di masa depan. Bahkan, gajinya juga menggiurkan, tidak heran calon mahasiswa berusaha masuk dalam jurusan ilmu komunikasi ini. Peluang kerja jurusan ini sangat luas, mulai editor, wartawan, broadcasting, periklanan, public relations, komunikasi bisnis, komunikasi pemasaran, manajemen media, dan lain sebagainya

Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan merupakan jurusan yang cukup baru di Indonesia. Bahkan, di tahun 2021, hanya Universitas Airlangga yang memiliki jurusan ini, lho. Kelahiran jurusan ini menandakan bahwa mulai dibutuhkannya SDM kompeten dalam mengembangkan integrasi antara robotika dengan kecerdasan buatan, Brainies. Nah, kamu mau jadi salah satu SDM kompeten itu nggak?

Baca juga : Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

Jurusan Sistem Informasi

Jurusan berikutnya yang masih berkaitan dengan teknologi yaitu Sistem Informasi. Mahasiswa jurusan ini akan belajar ilmu komputer, manajemen, dan bisnis untuk merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sistem Informasi cocok buat kamu yang pengen belajar pengaplikasian ilmu IPA dan IPS secara gabungan. Sistem Informasi bisa ditemui di UI, ITS, Binus University, Gunadarma, UNAIR, UB, dan masih banyak lagi.

Jurusan Matematika

Jurusan Matematika merupakan jurusan yang akan membuat mahasiswanya memecahkan permasalahan melalui permodelan rumus beserta hitungan matematika, sehingga dapat ditemukan solusinya. Yaps, kayak di SD, SMP, dan SMA jurusan ini nggak jauh dari hitung-menghitung. Bahkan, mata kuliah yang dipelajari pun akan membuatmu selalu bertemu dengan data dan angka, seperti Aljabar, Kalkulus, Geometri, Matematika keuangan, dan lain-lain.

Jurusan Statistika

Dalam World Economic Forum’s disebutkan bahwa salah satu profesi yang dibutuhkan di masa depan adalah data scientist. Nah, salah satu jurusan pencetak lulusan yang mampu bekerja di bidang itu ialah Jurusan Statistika. Hal ini disebabkan mahasiswa Jurusan Statistika akan diajarkan tata cara mengumpulkan, mengolah, mengelola, menganalisis, menginterpretasikan, hingga menyajikan data, Brainies.

Arsitektur

Jurusan kuliah yang menjamin masa depan serta berpeluang kerja baik adalah jurusan Arsitektur. Bekal ilmu yang dimiliki oleh para lulusan mahasiswa arsitektur ini akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat luas. Sampai kapan pun kegiatan pembangunan akan terus berlangsung. Mulai dari pembangunan gedung atau rumah. Maka dari itu peran dari lulusan Arsitektur akan selalu dibutuhkan.

Jurusan Ilmu Hukum

Jurusan ini juga mempunyai prospek kerja yang luas. Utamanya bagi Anda yang peduli dengan hukum di Indonesia dan ingin berpartisipasi dalam dunia hukum, jurusan ini sangat recomended. Ada banyak mata kuliah jurusan ilmu hukum yang Anda dapatkan. Seperti, ilmu negara, pancasila, hukum perdata, hukum pidana, hukum tata negara, dan lain masih banyak yang lain. Lulusan dari jurusan hukum bisa bekerja dalam berbagai bidang. Mulai menjadi pengacara, teknisi ilmu forensik, analis intelijen, asisten legal juga paralegal, petugas hakim hukum administratif, dosen, detektif, dan lain sebagainya.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

Untuk pelajar dari ekonomi yang kurang sanggup, cari beasiswa kuliah gratis dapat kamu gunakan untuk mendaftarkan di Penyeleksian Nasional Akseptasi Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 kedepan.

Baca Juga : Mata Kuliah Tentang Ilmu Hukum Beserta Prospek Kerjanya

Sekarang ini pemerintahan juga sediakan program Kartu Indonesia Pandai (KIP) Kuliah yang dapat digunakan pelajar dari keluarga kurang sanggup supaya masih tetap dapat meneruskan pendidikan di perguruan tinggi.

Selainnya dari program pemerintahan, ada juga beasiswa dari instansi atau lembaga swasta yang dapat berikan keuntungan kuliah gratis.

Lantas bagaimanakah triknya supaya bisa memperoleh beasiswa kuliah gratis? Merilis dari situs Schoters membagi cara-cara yang bisa kamu gunakan untuk memperoleh beasiswa kuliah gratis. Baca infonya sampai habis ya.

Cara Mendapat Beasiswa Kuliah Gratis

Berikut sejumlah cara mendapat beasiswa kuliah gratis yang dilansir dari kami, baik untuk universitas yang terletak di dalam maupun luar negeri:

1. Beasiswa Unggulan

Program beasiswa ini merupakan beasiswa yang dicanangkan langsung oleh Kemendikbudristek, yang mana beasiswa ini difokuskan bagi para calon dosen ataupun tenaga pendidik yang ada di lingkungan Perguruan Tinggi ataupun Swasta. Namun, beasiswa ini hanya berfokus pada jenjang S2 dan S3.

2. Beasiswa Sampoerna Foundation

Merupakan beasiswa yang diperuntukkan bagi para lulusan SMA sederajat yang mempunyai nilai rata-rata akademik 70. Jika Anda mencoba untuk mendaftarkan diri pada program beasiswa Sampoerna Foundation, maka sobat akan mendapatkan subsidi biaya kuliah dan pengembangan karakter yang dapat menunjang kehidupan di kampus barumu.

3. Program Beasiswa Djarum Plus

Beasiswa yang dikhususkan untuk para mahasiswa yang sedang menempuh jenjang S1/D4 sederajat. Agar Anda bisa mendapatkan beasiswa ini, maka Anda harus disiplin terhadap nilai dan ilmu agar mendapatkan subsidi uang dari Djarum Foundation sebesar Rp1 juta setiap bulannya selama satu tahun kedepan.

4. Beasiswa BCA

Jika Anda merupakan lulusan baru dari jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat, dan memiliki minat di ilmu perbankan, nantinya akan berkesempatan untuk mengikuti program magang dari perusahaan bank swasta terbesar di Indonesia, yakni Bank BCA.

Namun, untuk beasiswa ini hanya tersedia pada Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan dan Program Pendidikan Teknik Informatika saja. Nantinya, Anda akan menempuh pendidikan selama kurang lebih 2,5 tahun kedepan.

5. Beasiswa KIP Kuliah

Merupakan salah satu  cara mendapat beasiswa kuliah gratis yang hanya diperuntukan bagi lulusan SMA/SMK sederajat bagi calon mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademik terbilang baik, serta aktif dalam beberapa organisasi positif. Serta dalam segi finansial keluarga yang kurang, namun ingin melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi.

6. Beasiswa LPDP

Program beasiswa ini diselenggarakan resmi oleh Pemerintah Indonesia yang melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan yang mana dalam pengawasan Kementerian Keuangan.

Beasiswa ini ditujukan untuk dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkarakter pemimpin, memiliki profesionalitas, saintis, dan teknokrat.

Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis yang Perlu Dipahami

Selain mengetahui cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis, perlu dipahami beberapa tips atau persiapan yang perlu dilakukan sebelum mengajukan. Beberapa tips mendapatkan beasiswa gratis yang dimaksud antara lain.

1. Rajin Mencari Informasi Program Beasiswa Terbaru

Dalam hal ini, jika Anda masih malas untuk mencari informasi, maka sudah dipastikan Anda akan kehabisan kuota. Mencari informasi kepada pihak sekolah atau kampus bisa dikatakan sebagai cara yang terbilang cukup ampuh.

Terkadang, sekolah atau kampus memiliki banyak koneksi dengan beberapa lembaga atau pihak swasta yang mengadakan beasiswa kuliah gratis. Selain itu, jangan malu untuk bertanya kepada beberapa teman atau saudara yang pernah atau sudah memiliki pengalaman dalam cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis.

Jika memang mampu, Anda juga bisa melakukan riset sendiri dengan mencari informasi dari internet atau sosial media. Dengan rajin memantau akun sosial media penyedia beasiswa ataupun melalui pencarian Google, pastinya Anda akan mendapatkan informasi lebih detail lagi.

2. Nilai Prestasi Akademik yang Mumpuni

Beragam jenis beasiswa memiliki persyaratan akademik yang berbeda. Ada beberapa jenis beasiswa yang mengharuskan harus memiliki nilai akademik yang mumpuni, seperti halnya Beasiswa Sampoerna Foundation yang mengharuskan nila rata-rata minimal 70.

Atau jika Anda sudah menempuh jenjang S1, Anda dapat mengajukan Beasiswa KIP Kuliah yang memang mengharuskan setiap mahasiswa harus memiliki nilai akademik yang baik dan juga harus aktif dalam kegiatan kampus.

3. Memenuhi Persyaratan Kualifikasi Beasiswa

Agar beasiswa yang diajukan tepat dengan sasaran dengan kebutuhan Anda, ada baiknya untuk mempelajari dan memenuhi semua kebutuhan persyaratan yang diberikan penyelenggara beasiswa.

Namun ada satu persyaratan yang sangat umum bagi para pendaftar beasiswa. Yaitu tidak sedang menerima dari program beasiswa manapun, atau tidak sedang menerima beasiswa lain selain yang akan didaftarkan.

Untuk persyaratan lainnya terkadang bisa berbeda-beda oleh setiap penyedia beasiswa kuliah gratis. Anda tinggal menyesuaikan apa saja yang menjadi persyaratannya.

4. Persiapkan Beberapa Dokumen yang Dibutuhkan

Selain dari persyaratan kualifikasi, calon penerima beasiswa kuliah harus bisa melengkapi beberapa persyaratan dokumen seperti KTP, SKCK dan sejenisnya. Apabila Anda memiliki beberapa sertifikat tambahan, bisa juga dilampirkan agar menambah penilaian dari penyedia beasiswa kuliah.

5. Menguasai Bahasa Inggris Sebagai Nilai Tambah

Bagi siapapun, Bahasa Inggris terbilang cukup menakutkan jika memang harus dimasukkan kedalam daftar persyaratan. Namun, dengan melupakan yang satu ini mungkin dapat dikatakan sangat disayangkan karena hampir setiap Perguruan Tinggi menyukai dan bahkan melirik calon penerima beasiswa yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni.

8 Universitas Terbaik di Indonesia 2023
8 Universitas Terbaik di Indonesia 2023

8 Universitas Terbaik di Indonesia 2023 – Apa yang kamu kerjakan sesudah lulus SMA? Bekerja atau meneruskan pendidikan ke tingkatan yang semakin lebih tinggi? Tetapkan opsimu saat ini . Bila kamu cenderung lebih memilih untuk meneruskannya dengan tempuh tingkatan pendidikan yang semakin lebih tinggi karena itu mulai pastikanlah jurusan apakah yang ingin kamu kerjakan. Mulai mencari di mana talenta dan hal yang kamu sukai lalu samakan dengan jurusan yang terdapat, supaya kamu dapat nikmati saat kuliah kamu secara baik.

Selainnya pemilihan jurusan yang pas, pemilihan universitas cukup penting. Tentukan universitas yang sanggup mendukung aktivitas belajar kamu secara baik. Mempunyai fasilitas dan prasarana yang bagus, hingga kamu dapat menyerap semua ilmu perkuliahan kamu dengan optimal. Bila masih bimbang, berikut rangking Universitas terbaik yang berada di Indonesia pada tahun 2023 menurut sumber paling dipercaya:

Universitas Indonesia

Di Indonesia, urutan kesatu masih ditempati oleh Universitas Indonesia. Universitas ini dibangun di tahun 1849 dan sukses menempati rangking 534 universitas terbaik di dunia. Lokasi pusatnya ada di Depok, Jawa Barat. Menurut Kementerian Penelitian, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), Universitas Indonesia mempunyai populasi mahasiswa yang besar sekali yakni lebih dari 45,000 mahasiswa.

Universitas Gadjah Mada

Setelah itu Universitas Gadjah Mada. Universitas ini dibangun di tahun 1949 dan ada pada rangking 540 Universitas terbaik di dunia. Berada di wilayah sub urban di Yogyakarta. Sama dengan Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada mempunyai jumlah mahasiswa lebih dari 45,000 mahasiswa. Program pendidikan yang dijajakan dimulai dari Sarjana sampai gelar Master. Untuk masuk di Universitas ini, calon mahasiswa diwajibkan meng ikuti penyeleksian ujian.

Baca Juga : Universitas Pelita Harapan (UPH) – Infromasi Kampus & Beasiswa

Institut Teknologi Bandung

Berlainan dengan 2 nama di atas, institut yang kerap dipersingkat sebagai ITB dibangun di tahun 1959, dan berada di Bandung, Jawa Barat. Menurut Kemenristek Dikti, ITB mempunyai jumlah mahasiswa di antara 10,000 sampai 15,000 mahasiswa. Mahasiswa asing dikenankan untuk meng ikuti program studi di Institut Teknologi Bandung. Sekarang ini, Institut Teknologi Bandung sukses tempati rangking 862 Universitas terbaik di dunia.

Universitas Diponegoro

Dibangun di tahun 1957, Universitas Diponegoro sudah sukses membangun pusat pendidikan terbaik dalam jumlah 45,000 mahasiswa. Universitas ini berada di Semarang, Jawa tengah. Tetapi, sudah mempunyai cabang di Jepara. Rangking dunia yakni 1270.

Institut Pertanian Bogor

Dari saja namanya, kita sudah mengetahui di mana lokasi Institut ini ada. Ya, Institut ini berada di Bogor, Jawa Barat. Jumlah mahasiswa yang tercatat di Institut Pertanian Bogor tidak sekitar Universitas yang lain, yakni 10,000 – 15,000 mahasiswa. IPB sukses tempati rangking 1297 dunia.

Universitas Sebelas Maret

Dibangun di tahun 1976, dan berada di Surakarta, Jawa tengah. Universitas ini tawarkan pendidikan untuk gelar Sarjana, Master, atau Doktor. Bukti menariknya, universitas ini buka registrasi untuk mahasiswa asing. Sekarang ini, Universitas Sebelas Maret sukses menempati rangking 1326 dunia.

Universitas Negeri Yogyakarta

Yogyakarta memang pantas dijadikan kota Siswa. Banyak universitas terbaik yang berada di Yogyakarta, termasuk Universitas Negeri Yogyakarta atau kerap dipersingkat UNY. Dibangun di tahun 1964. Sekarang ini sukses tempati rangking 1416 dunia.

Universitas Airlangga

Universitas paling akhir ialah Universitas Airlangga atau UNAIR. Universitas ini sukses dibangun di tahun 1954 dan berada di Surabaya, Jawa Timur. Universitas ini tawarkan tingkatan pendidikan dimulai dari gelar Sarjana, Master, dan Doktor. Sukses ada di rangking 1578 dunia.

Pulau Jawa ialah wilayah yang populer dengan penawaran pendidikan terbaik di Indonesia, apa lagi Yogyakarta. Untuk kamu yang sekarang ini kebingungan untuk meneruskan tingkatan pendidikan, 10 nama universitas di atas dapat menjadi opsi. Permasalahan kualitas, tidak harus ditanya kembali.

Jurusan Teknik Pertambangan yang mulai tak terhitung dibuka di perguruan tinggi Indonesia adalah jurusan kuliah yang mendidik mahasiswanya untuk jelas proses penambangan mineral
Jurusan Kuliah Menjanjikan Pertambangan

Jurusan Teknik Pertambangan yang mulai tak terhitung dibuka di perguruan tinggi Indonesia adalah jurusan kuliah yang mendidik mahasiswanya untuk jelas proses penambangan mineral dan batu berharga. Bersama dengan kayanya sumber kekuatan alam yang dapat ditambang di Indonesia, lulusan jurusan ini miliki berlimpah potensi kerja yang dapat dieksplorasi.

Baca Juga : Jurusan Yang Ada di Universitas Udayana

Teknik Pertambangan adalah keliru satu cabang berasal dari disiplin pengetahuan teknik yang berfokus terhadap pengetahuan-pengetahuan mengenai eksplorasi dan pendayagunaan bahan galian atau sumber kekuatan mineral dan batubara. Sumber kekuatan mineral sendiri, contohnya antara lain emas, perak, aluminium, besi, dan sebagainya.

Apa itu Teknik Pertambangan?

Program belajar Teknik Pertambangan merupakan tidak benar satu cabang berasal dari pengetahuan teknik yang berfokus terhadap pengetahuan terkait eksplorasi dan pendayagunaan bahan galian/sumber kekuatan mineral layaknya emas, perak, alumunium, besi, dan sebagainya, dan juga batu bara. Terhadap program belajar Teknik Pertambangan kami akan mempelajari proses pertambangan yang terdiri berasal dari kesibukan penyelidikan generik (Prospeksi), eksplorasi penambangan, pengolahan bahan tambang (Pendayagunaan), pengangkutan, hingga bersama pemasaran hasil tambang. Mirip bersama program belajar “Serumpun”Nya, Teknik Perminyakan, program belajar ini merupakan program belajar yang amat tak terhitung peminatnya. Katanya, sih lulusan program belajar ini duitnya berlimpah, lho!

Kenapa Anda Memilih Jurusan Ini?

Bumi ini menyimpan kekayaan alam yang terlalu banyak. Tinggal bagaimana manusia memafaatkan kekayaan alam itu sebaik bisa saja. Terlebih di Indonesia, tersedia tak terhitung mineral dan logam mulia yang bersarang di perut bumi Indonesia. Tapi sayangnya Indonesia belum berdikari buat mengolah kekayaan alamnya sendiri dan masih segudang mengandalkan asing. Berhubung aktivitas pertambangan di global masih berlimpah di kuasai asing, maka kesempatan untuk bergabung di industri pertambangan corporate asing pun juga terbuka lebar. That’S why para pakar yang bekerja di industri ini tak terhitung yang berkarier di luar negeri bersama gaji fantastis. Nggak heran kenapa berlimpah yang minat masuk program belajar ini, kan?

Prospek Kerja Jurusan Teknik Pertambangan

Kuliah di jurusan Teknik Pertambangan ini dapat menjadi langkah awal untuk mengenal global pertambangan bersama lebih seluruhnya dan berkarier di global pertambangan. Lulusan Teknik Pertambangan sanggup berkarier di industri tembaga, batu bara, emas, timah, besi, nikel, dan lain sebagainya.
Tidak cuman tersebut, lulusan Teknik Pertambangan juga dapat menekuni karier di industri lainnya, layaknya industri alat berat, semen, maupun pembangkit listrik. Atau mampu juga berkarier di Kementerian ESDM sebagai inspektur, analis eksplorasi dan pendayagunaan, analis pengembangan infrastruktur, dan juga analis ketenagalistrikan.
Lantas, lulusan Teknik Pertambangan juga mampu berkarier di bidang sains dan penelitian sebagai peneliti maupun akademisi.

unioversitas-pelita-harapan
Universitas Pelita Harapan (UPH) – Infromasi Kampus & Beasiswa

UNIVERSITAS PELITA HARAPAN (UPH)

PROFIL

Universitas Pelita Harapan (UPH) sebagai perguruan tinggi swasta yang dibangun oleh Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH) di tahun 1994. Di tahun awalnya dirikan, UPH melaksanakan perkuliahannya di Gedung Lippo Bank, Jakarta, selanjutnya berpindah ke gedung Menara Asia, Tangerang. Setahun selanjutnya, di tahun 1995, Menara UPH (Gedung A) sudah selesai dibuat dan siap untuk dipakai hingga semua kegiatan perkuliahan UPH dipindah ke gedung itu.

Universitas Pelita Harapan terus berusaha tingkatkan mutu pendidikannya semenjak sah dibangun. UPH berusaha meningkatkan dan menambahkan program pendidikan, seperti menambahkan beberapa fakultas dan program studi, buka Kelas Internasional, dan buka Program S2 Master. UPH melakukan tambahan beragam fasilitas fisik dengan membuat gedung baru, yaitu Gedung B di tahun 2000, Gedung C di tahun 2004, Gedung E pada tahun 2005, Gedung D di tahun 2006, dan Gedung F atau UPH Business School di tahun 2008. Selain itu, UPH melakukan kerja sama secara berbagai lembaga dan perguruan tinggi tingkat nasional atau internasional, seperti Hanyang University, Shinshu University, Beyond Education, Murdch University, dan University of Leeds.

Sesudah mengalami berbagai perubahan, Universitas Pelita Harapan sekarang sukses jadi lembaga pendidikan berstandar internasional dengan memperoleh sertifikasi ISO 9001-2000 di tahun 2008. Dalam jalankan pendidikannya, UPH sudah memutuskan harapan berdasar prinsip-prinsip Kristen. Harapan UPH adalah berikan pendidikan lewat praktik global terbaik, manajemen profesional, kerja sama vital global, dan pendekatan yang fokus ke manusia.

VISI

Menjadi Universitas yang berpusat pada Kristus, yang dibangun dan dikembangkan di atas dasar pengetahuan sejati, iman dalam Kristus, dan karakter ilahi, dengan tujuan menghasilkan pemimpin masa depan yang takut akan Tuhan, kompeten, dan profesional melalui pendidikan yang unggul, holistis dan transformasional.

MISI

Menyelenggarakan pendidikan transformasional yang holistis yang berakar dari Alkitab dan kerangka teologis Reformed;
Berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang dipimpin oleh wawasan dunia Kristen yang alkitabiah;
Berpartisipasi secara redemtif dalam pengembangan individu dan masyarakat bagi kemuliaan Tuhan.

TUJUAN

  • Menghasilkan lulusan sebagai:
  • seorang sarjana yang telah mendapatkan pendidikan humaniora (liberal arts) yang diajarkan
  • berdasarkan wawasan dunia Kristen yang alkitabiah;
  • seorang pemimpin yang diperlengkapi visi transformasi;
  • seorang warga negara yang didorong untuk melayani Tuhan, negara dan sesamanya;

Baca Juga : Jurusan Yang Ada di Universitas Udayana

BEASISWA UNIVERSITAS PELITA HARAPAN (UPH)

Universitas Pelita Harapan menyediakan berbagai beasiswa yang bisa didapatkan oleh mahasiswa dan calon mahasiswa sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang dimiliki serta sebagai bentuk bantuan untuk meringankan biaya perkuliahan. Kategori program beasiswa di UPH, yaitu:

  1. Prestasi Akademik: terbuka untuk semua program studi.
  2. Keterbatasan Ekonomi: terbuka untuk semua program studi kecuali Kedokteran.
  3. Prestasi Olahraga: terbuka untuk semua program studi kecuali Kedokteran dan Musik Konservatori.

Berikut syarat dan ketentuan untuk mendapatkan beasiswa UPH:

  • Lulus proses Pendaftaran Langsung (untuk semua program studi kecuali Kedokteran).
  • Lulus Tes Pendaftaran (untuk Kedokteran).
  • Ketika mendaftar beasiswa, calon mahasiswa masih duduk di Kelas 12.
  • Jasmani sehat.
  • Tidak terdaftar sebagai mahasiswa di universitas lain.
  • Tidak diperbolehkan untuk menikah dan hamil selama masa kuliah.
  • Beasiswa meliputi Biaya SPP, Biaya BPP Pokok, dan Biaya SKS.
  • Beasiswa diberikan untuk 3 term pertama.
  • Untuk mempertahankan beasiswa di term selanjutnya, pemegang beasiswa harus mencapai IPK dan
  • IPS yang telah ditetapkan (Syarat dan Ketentuan berlaku).

Daftar Fakultas dan Program Studi Lengkap Universitas Pelita Harapan

1. Fakultas Ekonomi

  • Akuntansi
  • Manajemen

2. Fakultas Ilmu Komputer

  • Sistem Informasi
  • Informatika
  • Teknologi Komputer

3. Fakultas Desain

  • Arsitektur
  • Desain Interior
  • Desain Produk
  • Desain Komunikasi Visual

4. Fakultas Pendidikan

  • PGSD
  • Pendidikan Biologi
  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Pendidikan Ekonomi
  • Pendidikan Matematika

5. Fakultas Sains dan Teknologi

  • Matematika Terapan
  • Bioteknologi
  • Teknik Elektro
  • Teknik Industri
  • Teknik Sipil
  • Teknologi Pangan

6. Fakultas Hukum
7. Fakultas Liberal Arts
8. Fakultas Kedokteran
9. Fakultas Ilmu Seni
10. Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan
11. Fakultas Psikologi
12. Ilmu Filsafat
13. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

  • Komunikasi
  • Hubungan Internasional
  • Ilmu Politik

14. Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan

  • Manajemen Perhotelan
  • Manajemen Usaha Wisata
Bali adalah destinasi pariwisata yang terkenal di Indonesia dan global. Kini Bali juga jadi tujuan populer bagi para mahasiswa yang idamkan melanjutkan belajar di perguruan tinggi.
Jurusan Yang Ada di Universitas Udayana

Bali adalah destinasi pariwisata yang terkenal di Indonesia dan global. Kini Bali juga jadi tujuan populer bagi para mahasiswa yang idamkan melanjutkan belajar di perguruan tinggi. Estetika alam, budaya yang kaya dan situasi yang santai memicu Bali menawarkan pengalaman kuliah yang unik dan menarik.

Tidak benar satu universitas terkemuka di Bali, adalah Universitas Udayana, yang punyai kampus-kampus di beragam area di Bali, terhitung di Denpasar, Jimbaran, dan Singaraja. Universitas Udayana menawarkan beragam program belajar berasal dari beragam fakultas, layaknya kedokteran, teknik, ekonomi, hukum, pertanian, dan sastra.

Lihat Juga : 5 Jurusan IPA Sepi Peminat Tapi Prospek Kerja Tinggi

Jurusan di Universitas Udayana Bali

Universitas Udayana memberi tambahan pilihan kepada tiap-tiap mahasiswa baru untuk menentukan program belajar disesuaikan bersama dengan talenta dan minat mereka. Hampir program hampir seluruh program belajar yang ada di kampus ini miliki mutu dan telah terakreditasi. Berikut ini sebagian jurusan yang dapat anda pilih di Unud.

1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Ekonomi dan Bisnis di kampus ini menyediakan beberapa jurusan untuk program D3, Profesi, S1, S2, dan S3. Untuk program D3 tersedia jurusan Akuntansi dan Perpajakan. Keduanya telah mendapatkan akreditasi A.

Untuk program Profesi tersedia Akuntan. Dan jenjang S1 ada jurusan Akuntansi (A), Ekonomi Pembangunan (A), dan Manajemen (A). Program S2 ada jurusan Manajemen (A), Akuntansi (A), dan Ilmu Ekonomi (B).

Ingin belajar di jenjang pendidikan S3 bidang Ekonomi di UNUD tersedia program Ilmu Ekonomi (B) dan Ilmu Manajemen (A).

2. Fakultas Hukum

Fakultas Hukum UNUD menyediakan program S1, S2, dan S3. Untuk Ilmu Hukum ada akreditasi A bagi jenjang S1. Program S2 ada Ilmu Hukum (A) dan Kenotariatan (A). Dan Program Studi Ilmu Hukum untuk S3 telah mendapatkan akreditasi B.

3. Fakultas Ilmu Budaya

Fakultas Ilmu Budaya sudah hadir sejak tahun 1958. Fakultas ini menyediakan program S1, S2, dan S3. Untuk program S1 tersedia jurusan Antropologi, Arkeologi, Sejarah, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jawa Kuno, Sastra Jepang dan semuanya telah mendapatkan akreditasi A. Sedangkan jurusan Sastra Bali dengan akreditasi B.

Untuk program S2 ada Ilmu Linguistik (B) dan Kajian Budaya (A). Program S3 ada Ilmu Linguistik (A) dan Kajian Budaya (B).

4. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Di UNUD Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menyediakan jenjang pendidikan D3 dan S1. Untuk program D3 tersedia Perpustakaan dengan akreditasi B. Sedangkan untuk jenjang pendidikan S1 tersedia jurusan Administrasi Negara, Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, dan Sosiologi. Semua berhasil mendapatkan akreditasi B.

5. Fakultas Kedokteran

Berdiri di tahun 1962 saat ini fakultas kedokteran menyediakan program studi untuk S1 S2, S3, Spesialis dan profesi. Program pendidikan fakultas kedokteran yang cukup lengkap.

Program Studi Profesi

  • Dokter (A)
  • Fisioterapi (B)
  • Dokter Gigi (B)
  • Ners (B)

Program Studi S1

  • Kedokteran (A)
  • Keperawatan (A)
  • Kesehatan Masyarakat (B)
  • Fisioterapi (B)
  • Psikologi (B)
  • Kedokteran Gigi (B)

Program Studi S2

  • Ilmu Kesehatan Masyarakat (B)
  • Fisiologi Keolahragaan (A)
  • Biomedik (B)
  • Program Studi S2
  • Ilmu Kedokteran (A)

Program Studi Spesialis

  • Ilmu Penyakit Dalam
  • Ilmu Bedah
  • Ilmu Kesehatan Anak dan Ginekologi
  • Psikiatri
  • Ilmu Penyakit THT dan Bedah Kepala Leher
  • Ilmu Patologi Anatomi
  • Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin
  • Ilmu Penyakit Saraf
  • Anestesiologi dan Terapi Intensif
  • Ilmu Kesehatan Mata
  • Ilmu Ortopedi dan Traumatologi
  • Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah
  • Mikrobiologi Klinik
  • Radiologi
  • Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik
  • Patologi Klinik
  • Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi
  • Ilmu Bedah Saraf

Program pendidikan yang lengkap diimbangi dengan kualitas terbaik. Jika kamu tertarik untuk menempuh pendidikan dokter, maka UNUD jadi pilihan tepat.

6. Fakultas Pariwisata

Sebagai salah satu kampus yang lokasinya ada di daerah dengan tempat wisata yang cukup banyak Universitas Udayana menyediakan Fakultas Pariwisata. Ada jenjang pendidikan D4, S1, S2, dan S3.

Program studi D4

  • Pariwisata (A)

Program studi S1

  • Destinasi Wisata (A)
  • Industri Perjalanan Wisata (A)

Program Studi S2

  • Kajian Pariwisata (A)

Program Studi S3

  • Pariwisata (A)

Fakultas pariwisata Universitas Udayana menjawab tantangan pembangunan nasional yang membutuhkan tenaga tenaga ahli profesional untuk bidang pariwisata.

7. Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian berdiri tahun 1967 saat ini memiliki banyak sekali program studi. Ada S1, S2, dan S3 yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa.

Program S1

  • Agribisnis (A)
  • Agroekoteknologi (A)
  • Arsitektur Pertamanan (B)

Program S2

  • Agribisnis (A)
  • Pertanian Lahan Kering (A)
  • Bioteknologi Pertanian (A)

Program S3

  • Ilmu Pertanian (B)

Pada tahun 2007 Direktorat Jenderal pendidikan tinggi Departemen Pendidikan Nasional memutuskan untuk meminta bantuan Universitas Udayana melakukan restrukturisasi program studi dengan Menggabungkan beberapa program studi.

8. Fakultas peternakan

Fakultas peternakan menyediakan program studi S1, S2, dan S3. Fakultas ini diresmikan pada tahun 1982 dan memberikan program studi Peternakan dan Ilmu Peternakan.

9. Fakultas Teknik

Fakultas Teknik Universitas Udayana berdiri di tahun 1965 dan memiliki latar belakang untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan pada daerah Bali dan Kebudayaan Nasional. Saat ini Fakultas Teknik menyediakan program studi untuk jenjang S1, S2, dan S3.

10. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan

Fakultas Ilmu kelautan dan perikanan Universitas Udayana menjamin pemerataan kesempatan pendidikan. Fakultas ini telah mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dibidang akademik.

11. Fakultas Matematika dan IPA

Fakultas Matematika dan IPA adalah salah satu fakultas yang sering melakukan program pengabdian masyarakat. Hal ini terbukti dengan berbagai macam kegiatan yang membantu masyarakat Bali untuk menghadapi permasalahan lingkungan.

12. Fakultas Kedokteran hewan

Fakultas kedokteran hewan Universitas Udayana berdiri di tahun 1978. Saat ini Fakultas Kedokteran Hewan menyediakan jenjang Profesi, S1, dan S2 bagi setiap mahasiswa.

Mata Kuliah Dan Prospek Kerja Ilmu Hukum

Sobat Unggul! Tahu tidak? Kalau dari dulu jurusan hukum menjadi salah satu incaran bagi orang-orang yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Peminatnya pun dari tahun ketahun terus bertambah banyak, apakah Sobat Unggul salah satu diantaranya? Nah, jika Sobat Unggul pernah melihat seorang pengacara yang mondar-mandir di televisi, pekerjaan tersebut merupakan segelintir dari profesi yang ditawarkan oleh jurusan hukum. Banyak anggapan dari masyarakat awam bahwa jurusan hukum pasti nanti jadi pengacara, advokat, ataupun notaris. Memang, secara garis besar profesi hukum itulah yang sering berhubungan langsung dengan masyarakat. Hal inilah yang menimbulkan berbagai macam anggapan bahwa kuliah di jurusan hukum hanya seputar itu itu saja. Tentunya hal ini akan membuat Sobat Unggul yang ingin mengambil kuliah hukum sedikit bimbang, sebelum kalian memutuskan untuk mundur, sebaiknya ayo kita kenali terlebih dahulu mengenai apa saja yang bisa kita pelajari di jurusan ilmu hukum.

Baca Juga : Jurusan Yang Tepat Untuk Anak IPS

Berikut beberapa konsentrasi jurusan hukum yang dapat anda pelajari dan banyak peminatnya :

Hukum Perdata

Hukum perdata merupakan salah satu konsentrasi favorit mahasiswa hukum, demikian karena pada konsentrasi hukum perdata mengatur hak-hak dan kepentingan individu yang penerapannya bisa dimana saja. Jika anda berkeinginan menjadi seorang notaris atau pihak legal, hal ini menjadi pilihan yang sangat cocok. Melalui konsentrasi hukum perdata ini anda dapat  belajar mengenai hukum yang mengikat perjanjian atau kontrak. Dalam konsentrasi ini anda akan menemukan beberapa mata kuliah seperti hukum keluarga dan waris, hukum perkawinan, hukum perselisihan, perbandingan hukum perdata dan hukum adat dalam perkembangan.

Hukum Lingkungan dan Tata Ruang

Isu sengketa lahan dan tanah akan anda temukan dalam konsentrasi hukum lingkungan dan tata ruang. Tidak hanya itu saja, disini anda dapat belajar mengenai pelestarian lingkungan. Karena konsentrasi ini meliputi sumber daya yang ada didalamnya. Nah, disini anda dapat belajar melalui mata kuliah hukum dan tata ruang, hukum perizinan, hukum keuangan negara, kapita selekta hukum lingkungan dan hukum lingkungan internasional.

Hukum Ekonomi

Sesuai dengan namanya, konsentrasi ini lebih merujuk kepada tingkah laku manusia dalam berdagang sehari-hari. Secara umum hukum ekonomi lebih sering disebut sebagai hukum dagang. Disini anda tidak hanya belajar mengenai aspek legalnya saja, namun anda juga dapat belajar menjadi seorang corporate lawyer. Beberapa mata kuliah yang anda pelajari diantaranya hukum ekonomi, hukum perusahaan, hukum jaminan, hukum ekonomi internasional, hukum penanaman modal.

Hukum Internasional

Untuk konsentrasi hukum yang satu ini bisa dibilang cukup baru, namun jangan salah bahwa konsentrasi hukum ini memiliki banyak peminat. Pengaruh globalisasi dan minimnya jangkauan hukum menjadi fokus utama konsentrasi hukum internasional. Seringkali dikaitkan dengan hubungan internasional, hukum internasional menitikberatkan pembelajaran pada aspek legal. Beberapa yang akan anda pelajari diantaranya hukum organisasi internasional, hukum perjanjian internasional, hukum udara dan ruang angkasa, studi kasus hukum internasional dan hukum laut internasional.

Hukum dan Teknologi

Luasnya perkembangan teknologi saat ini, terutama dalam bersosial media menjunjukkan interaksi secara umum. Namun, tidak semua hal positif saja yang ditujunkan melainkan adanya hate comment yang meresahkan pemilik. Dengan begitu perlu adanya perlindungan hukum terhadap teknologi yang mampu menaungi media, teknologi informasi dan telekomunikasi serta Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

Hukum Pidana

Untuk konsentrasi hukum yang satu ini sangat sering dikaitkan dengan tindakan tegas mengenai sanksi hukum. Hukum pidana mempempelajari tentang keseluruhan dari peraturan-peraturan yang menentukan perbuatan apa yang dilarang  dan termasuk kedalam tindak pidana. Hukum pidana identik dengan analisis pasal-pasal KUHP dengan jumlah yang begitu banyak. Beberapa hal yang anda pelajari diantaranya kriminologi, hukum pidana internasional, perbandingan hukum pidana, hukum pidana dan yurisprudensi dan pengadilan hak asasi manusia.

Hukum Administrasi Negara

Melalui hukum administrasi negara anda dapat mempelajari mengenai aspek dinamis dan merakyat dalam aturan kenegaraan seperti pembangunan dan aparatur negara. Melalui berbagai mata kuliah diantaranya hukum administrasi negara di daerah, hukum perizinan, hukum keuangan negara. Selain itu ada hukum perencanaan dan pengawasan pembangunan serta hukum kepegawaian.

Hukum Tata Negara

Sesuai dengan namanya konsentrasi daru hukum tata negara berfokus terhadap aturan kenegaraan yang beraspek statis atau pokok dari aturan sendiri. Disini anda akan belajar mengenai lembaga kenegaraan, konstitusi hingga pembuatan undang-undang. Tentunya akan dibagi menjadi beberapa matakuliah seperti hukum acara mahkamah konstitusi, hukum kewarganegaraan dan keimigrasian. Selain itu anda dapat belajar mengenai kapita selekta hukum tata negara, hukum konstitusi dan perbandingan hukum tata negara.

Hukum dan Perkembangan Masyarakat

Konsentrasi hukum dan perkembangan masyarakat lebih berfokus terhadap kehidupan masyarakat dari zaman ke zaman. Mata kuliah yang akan anda pelajari seperti sistem hukum nasional, sejarah hukum, antropologi hukum, penafsiran hukum serta penemuan hukum.

Hukum Acara (Peradilan)

Hukum acara, erat kaitannya dengan hukum perdata dan hukum pidana. Hanya saja lebih berfokus terhadap proses yang terjadi dalam pengadilan seperti advokat, pembuktian, penghadiran serta syarat saksi. Disini anda dapat belajar mengenai teknik pemecahan kasus, perbandingan hukum acara, kapita selekta hukum acara, praktikum negosiasi dan mediasi serta etika profesi hukum.

Nah, diatas merupakan berbagai konsentrasi hukum yang ada pada mayoritas Fakultas Hukum di Indonesia. Namun, terkadang ada beberapa Universitas yang menyediakan konsentrasi hukum dengan lebih spesifik seperti hukum adat, hukum islam serta hukum pajak. Untuk lebih jelasnya mengenai berbagai konsentrasi spesifik tersebut, anda bisa menanyakan kepada Fakultas Hukum tempat anda menuntut ilmu.

10-universitas-terbaik-di-dunia
10 Universitas Terbaik di Dunia Tahun 2023

Untuk beberapa orang, dapat kuliah di kampus terbaik di dunia adalah hal yang mereka mimpikan. Tidak heran bila beberapa anak terlihat sangat ambisius dalam belajar untuk bersaing dengan banyak orang yang lain untuk bersaing dapat masuk dalam kampus impiannya.

Bukan hal yang mustahil bila anak Anda punyai sasaran kampus terbaik di dunia yang mereka mimpikan. Hal yang membesarkan hati bila mereka sukses lulus test masuknya hingga nanti diharapkan mereka jadi lulusan kampus terbaik di dunia dan masa datang tugas mereka akan lebih terjamin.

Lembaga pemeringkatan universitas, Times Higher Education (THE) sudah merilis daftar kampus terbaik di dunia dalam World University Rangkings 2022. Kampus terbaik di dunia ternyata masih didominasi oleh negara Inggris dan Amerika. Ada sekian banyak tanda yang digunakan oleh THE untuk menghitung kampus terbaik di dunia, yaitu; pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan dan pandangan internasional.

10 Kampus Terbaik di Dunia

Berikut daftar kampus terbaik di dunia pada tahun 2023 :

Yale University, Amerika Serikat

Yale University adalah peringkat kesembilan dalam daftar kampus terbaik di dunia. Kampus ini punya perolehan skor 90,8 dengan rincian skor 90,7 untuk indikator pengajaran, 93,0 untuk indikator penelitian, 97,0 untuk kutipan, 56,2 untuk pendapatan industri, dan 69,9 untuk indikator pandangan internasional. Kampus yang termasuk dalam Ivy League atau kampus bergengsi di Amerika Serikat ini memiliki lebih dari 100 departments.

University of Chicago, Amerika Serikat

University of Chicago adalah peringkat kesembilan dalam daftar kampus terbaik di dunia. Kampus ini punya perolehan skor 89,8 dengan rincian skor 87,2 untuk indikator pengajaran, 90,6 untuk indikator penelitian, 98,3 untuk kutipan, 56,3 untuk pendapatan industri, dan 74,4 untuk indikator pandangan internasional. Kampus yang terletak di negara bagian Illinois ini memiliki 14 jurusan yang bisa Anda sesuai minat dan bakat.

University of Oxford, Inggris

University of Oxford adalah peringkat pertama pada daftar kampus terbaik di dunia dengan total perolehan skor 95,7 poin. Kampus tempat artis Indonesia Mikha Tambayong mengenyam pendidikan S2 yang telah lulus pada tahun 2021 ini mendapat skor 91,0 untuk indikator pengajaran, 99,6 untuk indikator penelitian, 98,0 untuk kutipan, dan 96,3 poin untuk indikator pandangan internasional.

Kampus yang dipercaya berdiri sejak 1096 ini membagi keilmuan yang diajarkan ke dalam empat divisi, yaitu Humanities, Mathematical, Physical and Life Sciences, Medical Sciences, dan Social Sciences. Totalnya, terdapat sekitar 100 jurusan yang dimiliki universitas yang didapuk sebagai kampus terbaik di dunia pada tahun 2022 oleh THE.

Baca Juga : 8 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia

California Institute of Technology (Caltech), Amerika Serikat

California Institute of Technology adalah peringkat kedua dalam daftar kampus terbaik di dunia. Kampus ini punya perolehan skor 95 poin dengan rincian skor 93,6 untuk indikator pengajaran, 96,9 untuk indikator penelitian, 97,8 untuk kutipan, 90,4 untuk pendapatan industri, dan 83,8 untuk indikator pandangan internasional.

Sesuai namanya, Caltech merupakan salah satu kampus teknologi yang kuat di bidang sains dan teknologi. Beberapa jurusan yang dimiliki kampus ini meliputi Biologi, Kimia dan Teknik Kimia, Teknik dan Sains Terapan, Ilmu Geologi dan ilmu Planet, Humaniora dan Ilmu Sosial, Fisika Matematika dan Astronomi.

Harvard University, Amerika Serikat

Harvard University adalah peringkat ketiga dalam daftar kampus terbaik di dunia. Kampus ini punya perolehan skor 95,0 dengan rincian skor 94,5 untuk indikator pengajaran, 98,9 untuk indikator penelitian, 99,2 untuk kutipan, 48,9 untuk pendapatan industri, dan 79,8 untuk indikator pandangan internasional. Kampus yang menjadi tempat mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama menempuh pendidikan ini punya 40 departments.

Stanford University, Amerika Serikat

Stanford University adalah peringkat keempat dalam daftar kampus terbaik di dunia. Kampus ini punya perolehan skor 94,9 dengan rincian 92,3 untuk indikator pengajaran, 96,8 untuk indikator penelitian, 99,9 untuk kutipan, 91,0 untuk pendapatan industri, dan 79,7 untuk indikator pandangan internasional. Kampus yang berdiri sejak 1952 ini bahkan sudah memenangkan hadiah Nobel hingga 20 kali.

University of Cambridge, Inggris

University of Cambridge adalah peringkat kelima dalam daftar kampus terbaik di dunia. Kampus ini punya perolehan skor 94,6 dengan rincian skor 90,9 untuk indikator pengajaran, 99,5 untuk indikator penelitian, 96,2 untuk kutipan, dan 95,8 untuk indikator pandangan internasional. Didirikan pada tahun 1209, University of Cambridge memiliki lebih dari 100 departments hingga saat ini.

Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat

Massachusetts Institute of Technology (MIT) adalah peringkat keenam dalam daftar kampus terbaik di dunia. Kampus ini punya perolehan skor 94,6 dengan rincian skor 90,9 untuk indikator pengajaran, 94,4 untuk indikator penelitian, 99,7 untuk kutipan, 93,7 untuk pendapatan industri, dan 89,9 untuk indikator pandangan internasional. MIT memiliki 5 departemen utama, yaitu The Department of Architecture, The Department of Urban Studies + Planning, The Media Laboratory, The Center for Real Estate dan The Program in Art, Culture and Technology.

Princeton University, Amerika Serikat

Princeton University adalah peringkat ketujuh dalam daftar kampus terbaik di dunia. Kampus ini punya perolehan skor 93,6 dengan rincian 89,5 untuk indikator pengajaran, 96,0 untuk indikator penelitian, 99,0 untuk kutipan, 88,8 untuk pendapatan industri, dan 80,7 untuk indikator pandangan internasional. Kampus yang terletak di salah satu kota bersejarah ini menempati peringkat keempat perguruan tinggi paling tua di Amerika Serikat dengan dua program sarjana, yakni Bachelor of Science in Engineering (B.S.E.) dan Bachelor of Arts (A.B.)

University of California, Amerika Serikat

University of California (UCLA) adalah peringkat kedelapan dalam daftar kampus terbaik di dunia. Kampus ini punya perolehan skor 92,2 dengan rincian skor 85,7 untuk indikator pengajaran, 96,0 untuk indikator penelitian, 99,1 untuk kutipan, 84,7 untuk pendapatan industri, dan 77,6 untuk indikator pandangan internasional. Beberapa jurusan yang populer pada UCLA yaitu Biology, Business Economics, Film & Televisions, Political Science, dan Psychology.

8 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia
8 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia

8 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia – Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia versi THE WUR 2023 – Ada beberapa pemikiran disaat pilih satu jurusan dan satu diantaranya yaitu kualitas. Tahukah kau jika semua universitas di dunia memiliki ranking bagus secara global, per negara, dan bisa difilter per jurusan. Kiranya kau berkemauan masuk ke dalam jurusan Akuntansi terbaik di Indonesia, karena itu kau perlu tentukan rangking yang dikeluarkan oleh The WUR (Times Higher Education World University Ranking) 2023. Ada 8 ranking paling atas universitas dengan jurusan Akuntansi terbaik di Indonesia versi The WUR 2023 di tulisan ini.

Berikut daftar universitas jurusan akuntansi terbaik di Indonesia versi The WUR 2023 dari posisi nomor 1 sampai 8 :

  • Universitas Indonesia

Memerhatikan UI dalam perincian ini rasanya tidak aneh. Universitas yang telah berdiri malah saat sebelum Indonesia merdeka ini sudah banyak mencatatkan prestasi. Satu diantaranya ya jadi universitas dengan jurusan akuntansi terbaik di Indonesia.

Sudah ditegaskan seandainya kau diterima oleh jurusan akuntansi di UI, kau ada di wilayah paling bagus agar dapat menyerap beraneka ilmu dan pengalaman penting untuk kariermu di periode akan tiba.

  • Universitas Airlangga

Universitas jurusan akuntansi terbaik di Indonesia posisi ke-2 yaitu Universitas Airlangga.

Memerhatikan UNAIR dalam posisi ke-2 justru tidak begitu itu mengagetkan karena sepak hempasnya di dunia perguruan tinggi negeri yang telah lama.

Perguruan tinggi di Jawa Timur ini telah berdiri sejak tahun 1954 dan sekarang telah kantongi legalisasi A. Terkecuali itu, jurusan akuntansinya justru terima legalisasi yang serupa yaitu A dari BAN PT.

Baca Juga : Jurusan Psikologi – Informasi Kuliah & Prospek kerjanya

  • Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara jadi salah satu perguruan tinggi swasta yang bisa menembus 3 besar dalam ranking ini.

Telah ini tidak heran karena Universitas Bina Nusantara telah lumayan lama keberadaannya yakni sejak 1981.

Terkecuali itu, legalisasi kelembagaannya justru yaitu Unggul. Legalisasi yang serupa, yaitu Unggul, justru dikasih pada jurusan akuntansinya . Maka lumrah saja seandainya masuk ke 3 besar ranking ini.

  • Universitas Gadjah Mada

Universitas jurusan akuntansi terbaik di Indonesia versi The WUR seterusnya yaitu Universitas Gadjah Mada atau UGM.

Sebagai perguruan tinggi negeri pertama di Indonesia, hal ini tidak heran.

Disaat perguruan tinggi lain berlaga untuk meningkatkan status, UGM telah jauh mengambil langkah hingga jurusan akuntansinya menjadi satu diantara yang terbaik di Indonesia.

BAN-PT berikan legalisasi Unggul baik untuk UGM atau untuk jurusan akuntansinya. Well deserved!

  • Universitas Pengajaran Indonesia

Selanjutnya universitas jurusan akuntansi terbaik di Indonesia ada Universitas Pengajaran Indonesia.

Perguruan tinggi negeri yang mengonsentrasikan diri di dunia Pengajaran ini telah menghasilkan banyak kemampuan pengajar berkualitas.

Dengan fokus hal yang begitu, pasti ini akan berpengaruh juga pada bagaimana pelajaran di jalur-jurusan lain ditangani.

Inovatif dalam soal Pengajaran yang tak pernah setop menghadiahi diri sendiri sebagai universitas dengan jurusan akuntansi terbaik di Indonesia.

  • Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya ada Universitas Sebelas Maret. Universitas yang telah berdiri sejak tahun 1976 ini tak pernah lemas untuk selalu menghasilkan beberapa lulusan berkualitas bagus.

Dengan legalisasi A yang dikantonginya dari BAN PT, bisa dibuktikan jurusan akuntansi mereka justru terima legalisasi A . Tidaklah aneh seandainya universitas di Surakarta ini ada daftar universitas terbaik.

  • Universitas Negeri Malang

Malang jadi sebuah kota edukasi yang ada di Jawa Timur.

Telah ini ternyata dari jumlahnya perguruan tinggi bagus negeri atau swasta berkualitas bagus. Satu diantaranya sudah pasti yaitu Universitas Negeri Malang yang kondang.

Kamu berdiri sejak tahun 1954, saat ini UNM telah kantongi legalisasi A dari BAN PT. Sementara jurusan akuntansinya terima legalisasi Unggul.

  • Universitas Brawijaya

Susul Universitas Negeri Malang di posisi awalnya, Universitas Brawijaya tidak mengharap kalah dan sukses berada di rangking ke-8. Telah ini betul-betul mengisyaratkan kualitas edukasi di kota Malang.

Universitas Brawijaya sendiri dianugerahkan legalisasi A oleh BAN PT. Sementara jurusan akuntansinya memiliki legalisasi Unggul dari tubuh legalisasi yang serupa.

Bagaimana, cukup tergodakah untuk kuliah jurusan akuntansi Universitas Brawijaya?

Jurusan Psikologi – Informasi Kuliah & Prospek kerjanya
5 Jurusan IPA Sepi Peminat Tapi Prospek Kerja Tinggi

Walaupun bukan amat diprioritaskan, jurusan kuliah IPA yang sporadis diminati berikut ini memiliki prospek era depan yang cerah. Simak ulasannya!

Baca Juga : Jurusan Psikologi – Informasi Kuliah & Prospek kerjanya

Sebaiknya, anda jangan gegabah kala memilih peminatan di Sma, layaknya jikalau berada di kelas peminatan Ipa, sebetulnya mempunyai tak terhitung alternatif jurusan kuliah. Untuk beragam prodi favorit, pasti anda udah menyadari, tapi bagaimana bersama jurusan kuliah IPA yang sporadis diminati?
Walaupun jurusan itu bukan sangat diprioritaskan oleh para calon mahasiswa, berikut adalah daftar jurusan yang punyai prospek era depan baik, inilah informasinya!

Daftar 5 Jurusan IPA Sepi Peminat

1. Jurusan Fisika

Jurusan fisika akan membuatmu mempelajari mengenai pengetahuan fisika secara mendalam dan detail. prodi atau peminatan yang ditawarkan antara lain Fisika Material, Fisika Nuklir, dan Partikel.
Sedangkan, peluang kerjanya tersedia di bidang telekomunikasi dan migas, Bmkg, atau Lipi. Kampus di Indonesia yang sedia kan jurusan Fisika paling baik adalah Institut Teknologi Bandung (Itb).

2. Jurusan Astronomi

Astronomi adalah jurusan yang sepi peminat sebab segudang yang belum sadar terkait prospek kerja berasal dari jurusan ini.
Astronomi jadi keliru satu pengetahuan eksakta tertua yang fokusnya mempelajari mengenai alam semesta dan benda-benda langit.
Dibutuhkan kemampuan dan minat yang kuat di dalam matematika dan fisika untuk menempuh program belajar ini.
Profesi yang mampu ditekuni sehabis lulus ialah peneliti bermacam forum-forum penelitian, misalnya Observatorium Bosscha, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, dan juga Forum Penerbangan dan Antariksa Nasional.

3. Jurusan Teknologi Hasil Perikanan

Teknologi Hasil Perikanan terhitung didalam jurusan yang sporadis diminati tetapi dibutuhkan.
Di jurusan ini anda akan studi untuk menerapkan teknologi modern didalam sektor perikanan supaya beri tambahan fungsi yang lebih optimal.
Sesudah lulus, anda mampu memilih beraneka profesi untuk menjalani karier, baik di corporate partikelir atau sebagai staf terhadap instansi pemerintah, layaknya Kemenristek dan juga Kementerian Kelautan dan Perikanan.

4. Jurusan Oseanografi

Oseanografi adalah bidang belajar yang merintis beraneka aspek yang berhubungan bersama dengan kelautan, layaknya organisme bahari, geologi di dasar bahari, arus samudra, gelombang, dan ekosistem bahari.
Para lulusan jurusan ini mampu berkecimpung didalam profesi peneliti ruang angkasa dan atmosfer, pengajar, konsultan reservasi lingkungan, dan lain-lain.

5. Pengetahuan Kehutanan

Jurusan ini paling tepat untuk para pencinta alam, terutama yang hobi bertualang di gunung maupun lanskap hutan lainnya.
Lulusan berasal dari jurusan ini sanggup merintis profesi yang berhubungan bersama industri perkayuan, pemetaan hutan, dan juga terhadap badan-badan pelestarian dan konservasi alam.
Lulusan&Nbsp;Jurusan ini bisa bekerja sebagai pegawai negeri sipil di instansi pemerintahan, layaknya di lingkungan Kementerian Kehutanan, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Pendidikan.

jurusan-pisikologi-terbaik
Jurusan Psikologi – Informasi Kuliah & Prospek kerjanya

Jurusan Psikologi adalah salah satu bidang keilmuan yang mempelajari tentang manusia, Program studi ini juga meneliti alur pertimbangan dan alasan dibalik sikap dan tindakan manusia. Ilmu psikologi ini sering dipakai untuk menyelesaikan masalah dalam rangkaian kegiatan manusia yang kompleks. Ilmu Psikologi sendiri terdiri jadi bagian-bagian, diantaranya ialah Psikologi Medis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Sosial. Prodi Psikologi di sejumlah perguruan tinggi termasuk dalam kelompok saintek, dan di sejumlah perguruan tinggi yang lain termasuk dalam kelompok soshum.

Mata Kuliah Jurusan Psikologi

Selama masa perkuliahan, mahasiswa di jurusan psikologi akan mendapatkan beberapa mata kuliah berikut:

Statistika

Jurusan psikologi bukanlah jurusan yang bebas dari mata kuliah hitungan, sebab tetap mendapatkan mata kuliah statistika. Yakni statistika dasar yang menuntut mahasiswanya untuk menentukan mean, median, modus, dan juga melakukan pengujian hipotesis.

Filsafat

Filsafat dikenal sebagai dasar semua ilmu dan nyaris semua jurusan kuliah memberikan mata kuliah ini, termasuk untuk jurusan psikologi. Nantinya kamu akan mengenal para filsuf di dunia dan teori yang dikemukakan.

Adapun hubungan antara filsafat dengan psikologi adalah sebagai persiapan untuk masuk ke dunia kerja setelah lulus. Mata kuliah filsafat yang didapat sendiri mencakup ilmu filsafat ilmu dan logika, pengantar filsafat, dan lain-lain.

Baca Juga : Rekomendasi Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS

Psikologi Kepribadian

Mata kuliah berikutnya adalah psikologi kepribadian yang mempelajari mengenai sejarah dan filosofi dasar dari kepribadian manusia. Selain itu di mata kuliah ini kamu bisa mempelajari pengelompokan kepribadian manusia, dan termasuk mempelajari kepribadian diri sendiri.

Psikometri

Mata kuliah lainnya adalah psikometri yang akan mempelajari teori mengenai pengukuran psikologi. Sehingga nantinya akan bersinggungan dengan perhitungan statistika yang bertujuan untuk mempelajari masalah pengembangan teori dan model tes serta kualitas tes tersebut.

Biopsikologi

Biopsikologi berasal dari dua kata, yakni biologi dan juga psikologi. Sehingga mata kuliah biopsikologi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku dan juga fungsi mental manusia dari sisi biologi. Melalui mata kuliah ini kamu akan akrab dengan beberapa istilah di bidang biologi dan juga kedokteran.

Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Konsultan SDM

Prospek kerja jurusan psikologi selanjutnya adalah menjadi konsultasi SDM (Sumber Daya Manusia) di sebuah perusahaan bonafit di Indonesia. Berbeda dengan spesialis SDM pada umumnya, konsultan SDM hanya fokus pada perhatian atau pengelolaan sumber daya manusia yang sifatnya administratif. Konsultan SDM berkompeten memiliki kemampuan membantu perusahaan dalam pengembangan kinerja SDM, mulai dari mengidentifikasi masalah hingga memberikan solusi yang efektif untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Konsultan Pendidikan

Seorang konsultan pendidikan biasanya bekerja untuk suatu lembaga pendidikan nonformal. Ia bertugas untuk memberikan arahan jurusan atau bahkan pilihan universitas yang diinginkan oleh klien. Nantinya, konsultan pendidikan juga akan mengurus berbagai administrasi yang dibutuhkan oleh klien saat pendaftaran sekolah. Profesi ini tergolong masih jarang diketahui, tetapi peluang jenjang kariernya sangat menjanjikan. Bahkan, gaji seorang konsultan pendidikan tergolong tinggi, yaitu rentang Rp7.000.000 – Rp10.000.000.

Guru Bimbingan Konseling (BK)

Bila Anda tertarik menjadi seseorang guru karena itu yang pas untuk lulusan psikologi ialah menjadi Guru Bembimbing Konseling (BK), menurut kami peluang kerja lulusan psikologi yang satu ini cukup menjanjikan. Untuk sekolah yang mempunyai guru spesial yang terkait dengan tuntunan konseling dari mulai Pendidikan Anak Umur Awal, Sekolah SD, Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Banyak keperluan guru tuntunan konseling ini bila dibanding dengan yang ketertarikan. Tetapi tidak semua sekolah memiliki lowongan ini umumnya ialah sekolah swasta yang lumayan besar. Pekerjaan dari seseorang guru tuntunan konseling ialah memberi tuntunan serta konseling dengan anak yang terkait dengan permasalahan anak di sekolah seperti terkait dengan kendala belajar atau untuk mengoptimalkan kekuatan anak di sekolah. Terkait gaji seorang Guru BK SMP, SMA, SMK, baik di sekolah swasta maupun negeri tahun 2020 berkisar Rp 2 juta hingga Rp 8 juta per bulan.

Psikolog

Prospek kerja jurusan psikologi yang paling utama adalah menjadi seorang psikolog. Namun, bila ingin menjadi seorang psikolog, maka kamu harus mengambil program S2 Profesi Psikolog. Profesi ini pun memiliki banyak bidang konsentrasi, mulai dari psikolog klinis, psikolog pendidikan, psikolog sosial dan sebagainya. Kamu akan bertugas untuk menangani kasus-kasus kejiwaan seseorang, dengan melakukan serangkaian observasi dan analisis sehingga menghasilkan suatu diagnosis serta penanganan. Seorang psikolog dapat bekerja di sebuah perusahaan, klinik, atau membuka praktek sendiri. Biasanya, biaya sesi terapi dihitung secara per jam.

Rekomendasi Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS

Siapakah yang masih bimbang saat menentukan jurusan perkuliahan? Ditambah khusus untuk kamu yang telah ada di tahun akhir SMA, kasus saat menentukan jurusan waktu masuk ke dunia perkuliahan sebaiknya dipikir matang-matang. Hal itu karena jurusan kuliah mempunyai dampak yang lebih besar pada lajur profesi yang hendak diambil di masa datang.

Banyak yang menduga jika anak IPA mempunyai kesempatan kerja yang semakin lebih besar di masa datang. Walau sebenarnya, baik jurusan IPA atau jurusan IPS sama mempunyai prospek kerja masing-masing yang prospektif. Asal pilih jurusan kuliah yang sesuai kekuatan dan minatmu. Janganlah sampai kamu salah jurusan hingga tidak nikmati proses perkuliahannya.

Terdapat beberapa pilihan jurusan yang dapat diputuskan oleh kamu yang sekarang ini sebagai pelajar IPS dan tentu saja jurusan ini mempunyai kesempatan kerja yang prospektif. Lalu, apa saja itu? Yok, baca keterangan berikut berkenaan jurusan kuliah untuk anak IPS dan prospek kerjanya!

1. Jurusan Pengetahuan Komunikasi

Jurusan yang ini sudah kerap kamu dengar lah, ya. Tidak bingung, jurusan Pengetahuan Komunikasi menjadi salah satunya jurusan paling disukai di SBMPTN dalam jumlah pecinta lebih dari 3.000 calon mahasiswa. Umumnya dipersingkat Ilkom atau Pengetahuan Komunikasi, kamu akan pelajari beberapa mata kuliah yang terkait dengan sektor jurnalistik, advertensi, pemasaran communication, dan publik relations.

Misalkan, di prodi Pengetahuan Komunikasi Universitas Padjajaran, kamu akan pelajari mata kuliah berikut:

  • Komunikasi Massa dan Media
  • Statistika Sosial
  • Pengkajian Media Krisis
  • Publik Speaking
  • Psikologi Komunikasi
  • Komunikasi Marketing Sosial
  • Social Network Analysis, dan lain-lain.

2. Jurusan Managemen

Rupanya, jurusan Managemen itu tidak hanya berada di sektor ekonomi saja, lho, gengs. Ada banyak jurusan Managemen yang dapat kamu kulik lebih dalam kembali: Managemen Pendidikan, Managemen Marketing, Managemen Perhotelan, Managemen Perbankan, dan Managemen Pariwiasata.

Mata kuliah jurusan Managemen yang kamu dalami kelak tentu saja akan disamakan sektor spesialis yang diambil, ya. Misalnya, jika kamu kuliah di jurusan Managemen Pendidikan, beberapa mata kuliah yang hendak didapat, diantaranya:

  • Managemen Peserta Didik
  • Psikologi Pendidikan
  • Peraturan Pendidikan
  • Rencana Pendidikan
  • Humas Pendidikan

Lulusan dari jurusan Managemen sering diperlukan di dunia kerja. So, jurusan ini termasuk salah satunya jurusan kuliah IPS yang dapat jamin masa datang kamu.

3. Jurusan Jalinan Internasional

Jika kamu punyai minat sama desas-desus internasional, paling cocok, sih, masuk jurusan Jalinan Internasional, ya. Secara, mata kuliahnya semakin lebih menggerakkan kamu agar semakin dalam kembali terjun belajar berkenaan beberapa hal itu secara obyektif. Mata kuliah jurusan Jalinan Internasional apa, sih, emangnya?

Sebagai contoh nih, jurusan Jalinan Internasional di Universitas Riau mempunyai kurikulum akademis dengan mata kuliah:

  • Organisasi Internasional
  • Teori Diplomasi
  • Study Keamanan Internasional
  • Hukum Humaniter
  • Regionalisme dan Globalisme
  • Komunikasi Internasional
  • Migrasi Global

4. Jurusan Hukum/Pengetahuan Hukum

Siapakah yang menonton sinetron Korea Law School terus berminat untuk ngambil jurusan Hukum? Kamu cukup akrab lah, ya, dengan jurusan soshum yang ini. Belajar apa jika kuliah Hukum? Sebagai contoh, mata kuliah jurusan Pengetahuan Hukum di Universitas Brawijaya, diantaranya:

  • Hukum Negara
  • Hukum Adat
  • Hukum Perburuhan
  • Hukum dan Hak Asasi Manusia
  • Hukum Internasional
  • Hukum Lingkungan
  • Pengetahuan Perundang-Undangan

Lebih detil, ada pula mata kuliah opsi yang dapat kamu tentukan. Contoh, fokus Hukum Keluarga, karena itu ada banyak turunan mata kuliah, seperti Hukum Perkawinan, Hukum Waris BW, Hukum Waris Tradisi, Perbedaan Hukum Perdata, dan Hukum Perdata Kontemporer.

5. Jurusan Psikologi

Kamu sukai dengarin curhatan hati temanmu, terus tanggapan ia “Ih kamu tuhh memang paling tahu saya tahu tidak?!”, nah, kemungkinan kamu pas untuk memperdalam kekuatan mendengarmu ini di jurusan Psikologi. Masalahnya, kamu ada bibit-bibit empati yang ‘biasanya’ anak Psikologi punyai. Eit, tetapi perlu kamu ketahui , jika jurusan Psikologi ini di universitas tertentu, seperti Universitas Padjajaran, masuk ke rumpun saintek. Chek ketidaksamaan Psikologi Soshum dan Saintek dahulu, ya.

Mata kuliah di jurusan Psikologi erat berkaitan dengan skema sikap atau rutinitas manusia yang punya pengaruh pada kesehatan psikis orang tersebut. Misalnya diantaranya:

  • Psikologi Klinis
  • Psikologi Kepribadian
  • Psikologi Perkembangan Anak
  • Psikologi Budaya
  • Coaching dan Mentoring
  • Kendala Perubahan Anak dan Remaja
  • Psikologi Konsumen

6. Jurusan Akuntansi

Semua bentuk transaksi bisnis keuangan, debit credit, keuntungan, rugi, akan didalami di jurusan soshum ini. Termasuk ke jurusan kuliah untuk anak IPS yang banyak dicari , nic. Di jurusan Akuntansi pelajari mengenai ranah ekonomi yang lain, seperti usaha dan perpajakan. Seperti apakah mata kuliah jurusan Akuntansi? Sebagai gambarannya, di Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Jakarta, kamu akan pelajari mata kuliah berikut:

  • Matematika Ekonomi dan Usaha
  • Bank dan Instansi Keuangan Lain
  • Akuntansi Biaya
  • Akuntansi Pemerintahan
  • Managemen Keuangan Internasional
  • Komunikasi Bisnis
  • Pemeriksaan Akuntansi Publik

7. Jurusan Kriminologi

Pernah dengar jurusan Kriminologi? Jika kamu meng ikuti seri atau melihat film bertopik mistis pembunuhan, yang umumnya menyiarkan scene pemeriksaan TKP (tempat peristiwa kasus), ini, nih, masuk ke dalam ranah jurusan Kriminologi. Contoh mata kuliah jurusan Kriminologi yang kamu akan dalami, yakni Sosiologi Sikap Menyelimpang dan Mekanisme Peradilan Pidana, Viktimologi, sampai Analisis Risiko Kejahatan. Jurusan Kriminologi dapat disebut menjadi satu diantara jurusan kuliah IPS yang jarang-jarang disukai tetapi janjikan, lho.

8. Jurusan Sosiologi

Nach, jika jurusan Sosiologi, sih, kelihatannya kamu cukup akrab, ya. Secara, kan, di jurusan kuliah yang pas untuk anak IPS ini didalami di sekolah, nih. Saat di kursi kuliah kelak, ulasan materi dan cakupan pengetahuannya semakin lebih dalam. Seperti pada jurusan Sosiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta, kamu akan pelajari beberapa mata kuliah seperti berikut:

  • Sosiologi Gender
  • Sosiologi Fashion
  • Sosiologi Kesehatan
  • Sosiologi Pasar dan Konsumsi
  • Study Urban dan Regional
  • Analitis Kriminalitas dan Korupsi
  • Teori Sosiologi Krisis dan Posmodern

9. Jurusan Pengetahuan Politik

Jurusan Pengetahuan Politik sebagai salah satunya jurusan kuliah yang prospektif untuk anak IPS nih. Buat yang suka meng ikuti informasi politik, dapat kali, nih, menjadi anak Ilpol. Pada dasarnya, ya, memang itu, gengs, yang hendak didalami: dinamika dunia politik baik di luar dan dalam negeri.

Yha, keinginannya sih setelah lulus dari jurusan Pengetahuan Politik, dapat nyaleg manusia yang memiliki daya untuk diri kita dan sekelilingnya dengan mengimplementasikan pengetahuan yang telah didalami sejauh ini. Bicarakan pengetahuan yang kamu dalami di salah satunya jurusan soshum ini, dapat kita mengambil contoh dari Pengetahuan Politik Universitas Jenderal Soedirman, ya.

  • Pertimbangan Politik Indonesia
  • Pengantar Study Demokrasi
  • Teori Pergerakan Sosial
  • Peraturan Public
  • Militer dan Politik di Negara Berkembang

10. Jurusan Pengetahuan Administasi (Negara, Pajak, Bisnis)

Jika ingin meneruskan study ke jurusan Pengetahuan Administrasi, lihat secara baik ketidaksamaan dari sektor spesialisnya, ya. Masalahnya jurusan Pengetahuan Administrasi tidak cuman satu saja. Sebagai contoh, di Fakultas Pengetahuan Administrasi UI, ada tiga jurusan yang ada, yakni Pengetahuan Administrasi Negara, Fiskla, dan Usaha. Contoh yang lain, di Universitas Brawijaya, ada dua jurusan Pengetahuan Administasi yang ada, yakni Usaha/Niaga dan Negara/Public.

11. Jurusan Pengetahuan Kesejahteraan Sosial

Yang ingin hidupnya sejahtera, kemungkinan kamu dapat memperdalam jurusan Pengetahuan Kesejahteraan Sosial, nih. Sepanjang perkuliahan kelak, kamu akan pelajari beragam pengetahuan yang tersangkut usaha tingkatkan kesejahteraan, baik itu diri kita atau bahkan juga lingkungan sekelilingmu. Mata kuliah jurusan Pengetahuan Kesejahteraan Sosial yang hendak didalami, diantaranya:

  • Sistem Tugas Sosial
  • Mekanisme Politik Indonesia
  • Rekanan dan Komunikasi Tugas Sosial
  • Pengetahuan Kesehatan Warga
  • Ketrampilan Advokasi dan Perantaraan

12. Jurusan Pengetahuan Se jarah

Yang sukanya belajar pengalaman dari masa silam buat mawas diri di masa datang, dapat sekali pertimbangkan jurusan soshum ini. Mata kuliahnya seru-seru sekali, gaes. Ada Sejarah saya dan ia Perkotaan, Militer Indonesia, Agraria, Birokrasi di Indonesia, Diplomasi Indonesia, dan yang ada banyak yang lain! Dari mata kuliah itu, mahasiwa diharap dapat bisa berpikiran krisis, temukan alternative untuk beragam dinamika kehidupan manusia.

13. Jurusan Arkeologi

Kamu sebelumnya pernah menonton Dora and the Lost City of Gold? Di film itu, orangtua Dora mempunyai tugas yang erat berkaitan dengan artefak, bangunan monumental, fosil, dan apapun itu yang terkait dengan warisan kehidupan manusia jaman dahulu. Nah, di jurusan Arkeologi kamu akan pelajari beberapa hal sama.

Mata kuliah yang diajarkan, antara lain Arkeologi Maritim, Permukiman dan Perkotaan Kuno, Permasalahan Pelestarian Cagar Budaya, Museum dan Publik hingga ada kegiatan praktik lapangan yang pastinya menyenangkan! Jurusan Arkeologi termasuk jurusan kuliah IPS yang diminati, alias sepi peminat.

7 Universitas Jurusan Manajemen Bisnis Terpopuler di Indonesia
7 Universitas Jurusan Manajemen Bisnis Terpopuler di Indonesia

7 Universitas Jurusan Manajemen Bisnis Terpopuler di Indonesia – Jurusan Manajemen Bisnis termasuk salah satunya jurusan yang banyak disukai. Terkecuali berikan peluang kerja luas, lulusan manajemen bisnis benar-benar diperlukan di dunia kerja. Jurusan yang terkait dengan ekonomi dan manajemen masih jadi jurusan bintang di beberapa universitas. Misalnya saja Jurusan Manajemen Bisnis pada tingkat keketatan yang tinggi.

Jurusan Manajemen Bisnis bisa diputuskan oleh pelajar sekolah menengah yang meniru ujian kategorisasi Soshum. Jurusan ini memungkinkannya mahasiswanya untuk jalani perkuliahan agar bisa jadi pengurus bisnis. Kau akan belajar teori yang terkait dengan bisnis sampai praktek di atas lapangan. Teori hal bisnis, kesiapan analisis ke sesuatu kasus, dan kemampuan manajemen akan kau dapatkan. Tidak mengejutkan jika lulusannya memiliki kesiapan komunikasi yang baik untuk perbekalan di dunia kerja.

  • IBII Jakarta

Institut Bisnis dan Informatika Indonesia berada di Jalan Yos Sudarso Kav 85 No.87, RW.11, Sunter, Jakarta Utara. Disaat ini, universitas IBII Jakarta dijumpai Kwik Makin Gie School of Business. Sebagai sekolah bisnis yang memiliki wacana regional dan internasional, Kwik Makin Gie School of Business bermufakat jadikan lulusan berkualitas. Pada Program Studi Manajemen, mahasiswa akan diajari mekanisme mengurus bisnis atau organisasi yang lain terkait organisasi, rencana, bimbingan, dan penataan, hingga sesuatu bisnis bisa terus berkesinambungan.

Konsentrasi yang dijajakan Program Studi Manajemen di sekolah hal yang begitu yaitu manajemen sumber tenaga manusia, manajemen marketing, dan manajemen keuangan. Setiap konsentrasi akan berikan peluang profesi yang beda, hingga kau perlu tentukan bagus-bagus saat sebelum pilih konsentrasi hal yang begitu.

Jika tertarik untuk mendaftarkan di Kwik Makin Gie School of Business, kau bisa pilih track masuk dengan prestasi akademis atau track USM. Terkecuali tawarkan Program Studi Manajemen, ada juga program studi yang lain

Baca Juga : 7 Universitas Jurusan Manajemen Bisnis Terpopuler di Indonesia

  • Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung tawarkan Program Studi Sarjana Sekolah Bisnis dan Manajemen yang hendak menampung keperluanmu di dunia kerja kelak. Mata kuliah yang hendak kau dapatkan sudah direncanakan langkah Integrated Business Pengalaman (IBE). Universitas ITB justru berikan peluang mahasiswanya untuk melakukan bisnis sendiri mengaplikasikan modal utang dari bank. Di sini lah kesiapan mahasiswa akan dites, dimulai dari membuat proposal pinjaman agar diterima di bank, agunan yang hendak disodorkan ke bank, dan penggunaan proposal hal yang begitu di atas lapangan.

Keberhasilan bisnis yang sudah dilakukan mahasiswa akan benar-benar dikasih dampak mekanisme kerja dan pengetahuan ilmu yang sudah didapat sepanjang kuliah. Nanti, keuntungan dari bisnis yang sukses hal yang begitu akan diaplikasikan untuk kegiatan sosial. Mahasiswa bisa pilih major pada sektor manajemen bisnis yang diraih.

  • Prasetiya Mulya Business School

Prasetiya Mulya Business School sediakan Jurusan Manajemen pada program S1 Bisnis. Beberapa mahasiswa akan disiapkan jadi pebisnis terdidik, apa lagi jumlah wiraswastawan yang berada di Indonesia belum juga tepat. Sepanjang perkuliahan, mahasiswa akan terima mata kuliah teori dan praktek. Diakhir perkuliahan bahkan juga ada mata kuliah final proyek berbentuk project bisnis yang sepantasnya diambil.

Prasetiya Mulya Business School berlainan dengan universitas yang lain. Ada beberapa poin sensitifitas sosial dan watak kewiraswastaan yang diberi. Terkecuali itu, kreasi mahasiswa akan dipertajam latihan mengenal kondisi susah dan cari peluang bisnis agar ide yang dipakai cocok sasaran.

  • IPMI International Business School

Sekolah bisnis yang tawarkan Jurusan Manajemen yaitu IPMI International Business School. Lokasi universitas ada di Jalan Rawajati Timur I No.1, RT.3/RW.2, Rawajati, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan. Program Studi Manajemen yang dijajakan di universitas hal yang begitu dapat kau dapatkan di tingkatan S1 dan S2. Beberapa pengajar di IPMI International Business School yang berkualitas ditambahkan kurikulum yang saat itu juga bisa dipakai di dunia kerja jadi point lebih.

  • Universitas Airlangga

Program Studi Manajemen akan kau peroleh di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNAIR. Tidak hanya bisa ambil program S1, program S2, S3, dan tugas bahkan juga dapat kau dapatkan di universitas ini. Program Studi Manajemen UNAIR sudah memiliki legalisasi A sampai tahun 2025 kelak. Sarana pensupport kegiatan perkuliahan mahasiswa termasuk lengkap, dimulai dari business center sampai lab komputasi. Justru, universitas UNAIR sudah merajut kerja-sama dengan Advance Collegiate School of Business, The Association to Advance Collegiate School of Business, sampai perusahaan besar di Indonesia.

  • Universitas Gadjah Mada

Universitas Universitas Gadjah Mada (UGM) tawarkan Program Studi Manajemen untuk mahasiswa yang mengharap ambil tingkatan S1. Sepanjang perkuliahan, mahasiswa akan diberi teori yang bisa diterapkan di atas lapangan dan diberi figur-figur kasus dan mekanisme penggunaan keuangan marketing. Tidak hanya itu, manajemen vital dan SDM bahkan juga akan didalami.

UGM berikan mata kuliah kepimpinan atau leadership yang meliputi kepimpinan bisnis, kepimpinan sosial, kepimpinan cendekiawan, dan kepimpinan wiraswasta. Beratensi melanjutkan studi magister di universitas UGM? Sudah ada Program Studi Magister Manajemen yang hendak semakin memicu kekuatanmu sebagai seorang pelaku bisnis.

  • Universitas Diponegoro

Program Studi Manajemen di UNDIP dapat kau dapatkan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Fakultas hal yang begitu sudah merajut kerja-sama dengan perusahaan dalam negeri sampai luar negeri, hingga mahasiswa berkesempatan terima banyak pengalaman sepanjang jalani studi. Sepanjang berkuliah di UNDIP, mahasiswa bisa meniru transisi siswa, summer course, dan program ganda degree. Terkecuali terima mata kuliah teori dan praktek, perkuliahan mahasiswa akan didukung sarana universitas yang sudah mencukupi.